Kelebihan Seorang Introvert, Yang Jarang Orang Sadari

Admin 0 Komentar

Dibalik sifatnya yang menyendiri, ternyata seorang introvert mempunyai beberapa kelebihan. Simak artikel berikut.

IndiffsIntrovert adalah tipe kepribadian yang fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Dalam tipe kepribadian, introvert cenderung berfikir lebih dulu sebelum berbicara, dan juga mereka tipe pemilih untuk mengungkapkan sesuatu pada orang lain. Selain itu, introvert suka berada dalam kelompok kecil yang membuat mereka nyaman. Dibalik sifatnya yang menyendiri ini seorang introvert mempunyai beberapa kelebihan yang jarang orang sadari. Simak artikel berikut!

1. Berfikir lebih dalam

Sebuah studi menunjukkan bahwa seorang introvert merupakan orang yang biasanya memiliki kemampuan berfikir lebih tajam dan dalam. Maka dari itu, seorang introvert memiliki lebih banyak aktivitas di daerah otak yang memproses informasi, membuat makna, dan pemecahan masalah. Orang introvert juga cenderung lebih baik dalam bidang akademik dibandingkan ekstrovert.

2. Memiliki ide yang tak terduga

Kelebihan seorang introvert yang selanjutnya yaitu memiliki ide yang  tak terduga. Selain berpikir lebih dalam, seorang introvert umumnya bisa memunculkan ide out of the box. Keuntungan kepribadian introvert ini dapat memberikan banyak kontribusi terhadap kariernya karena seorang introvert dapat menjadi tempat ide-ide inovatif. Introvert juga lebih kreatif karena mereka banyak menghabiskan waktu menyendiri yang merupakan satu di antara kunci munculnya kreativitas.

3. Cenderung tidak merokok

Tidak memiliki kebiasaan merokok termasuk kelebihan seorang introvert. Hal ini berarti seorang introvert memiliki risiko mengalami kanker paru, stroke, dan penyakit jantung yang lebih rendah dibanding ekstrover. Sebuah penelitian terhadap 2753 orang menunjukkan ekstrovert lebih cenderung merokok akibat pergaulan dibandingkan introvert. Seorang introvert juga lebih mudah untuk berhenti merokok dibanding ekstrovert.

4. Orang introvert adalah teman berkualitas

Orang dengan kepribadian introvert cenderung merasa energinya akan terkuras bila berada di sekitar orang lain. Oleh karena itu mereka cenderung memilih teman dengan bijak. Mereka lebih suka memiliki beberapa pertemanan dekat dan terpercaya untuk menginvestasikan waktu dan energi mereka, dibandingkan dengan jaringan kenalan yang besar. Sehingga lingkungan pertemanan mereka cenderung lebih setia, perhatian dan berkomitmen.

5. Orang introvert merupakan pasangan romantis

Kelebihan introvert lainnya adalah dapat merasakan apabila pasangannya membutuhkan ruang privasi sendirian, tidak akan terlalu melekat atau terlalu menjaga hubungan. Introvert selalu menyediakan waktu untuk mendengarkan dan mendukung pasangannya tanpa merasa harus berbicara tentang diri mereka sendiri.

6. Lebih rendah risiko terjangkit penyakit menular seksual

Seorang ekstrovert cenderung lebih banyak melakukan hubungan seksual dibandingkan introvert. Selain itu ekstrovert cenderung memiliki pasangan yang lebih banyak sehingga meningkatkan kemungkinan terkena Penyakit Menular Seksual (PMS). Hal tersebut berbanding terbalik dengan seorang introvert. Manfaat seorang introvert menjadi tidak mudah yang terjangkit AIDS dan PMS lainnya. Mereka biasanya terjangkit akibat donor darah atau tertusuk jarum saat bekerja, bukan karena hubungan seksual.

Itulah beberapa kelebihan dari seorang introvert, pada intinya semua kepribadian memiliki kelebihannya masing-masing, yang membuatnya berbeda adalah bagaimana kamu mampu mengolah hal-hal tersebut menjadi hal positif yang tidak akan memberatkan dirimu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru