Kenali! Berikut 9 Jenis Hijab Voal Dan Karakteristik Bahannya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Jenis hijab voal nyaman saat digunakan dan cenderung tidak mudah kusut. Kenali jenis-jenis hijab voal dan karakteristik bahannya berikut ini

INDIFFS.COM – Saat ini, jilbab berbahan voal mungkin menjadi paling populer yang digunakan oleh banyak orang. Pasalnya, selain nyaman digunakan, hijab voal juga cenderung tidak mudah kusut. Bahan voal sendiri adalah kain yang memiliki beragam warna dan motif sifatnya semi transparan, tipis, tapi jika di lipat jadi dua tidak akan tembus pandang. Setiap jenis juga memiliki karakteristik bahan yang berbeda-beda. Nah, simak artikel ini untuk mengetahui jenis hijab voal dan karakteristik bahannya.

Jenis Hijab Voal dan Karakteristik Bahan

Kain voal kebanyakan terbuat dari 100% katun, tapi ada juga variasi bahan voal yang terbuat dari campuran serat polyester, rayon, linen, dan silk. Berikut ini ada beberapa jenis hijab voal dan karakteristik bahannya:

1. Voal Basic

Sesuai namanya, voal basic ini merupakan versi dasar atau basic kain voal yang pertama kali muncul pada tahun 2018. Jenis kain ini terbuat dari kombinasi material polyester atau polyester 100%. Sehingga, memiliki karakter kain yang lebih lemas dan tidak mudah kusut.

Selain itu, permukaan kain voal basic juga sedikit berbulu, agak kasar dan lebih kaku dibandingkan dengan jenis kain voal lainnya. Bagian ujung kain ini mudah rusak dan rontok karena tenunan serat nya yang lebih jarang dari kain voal lainnya. Voal basic biasanya dijual dengan harga yang paling murah.

2. Voal Jepang

Kain voal Jepang ini memiliki jenis kain yang adem dan sangat lembut ketika dipakai. Namun sayangnya, voal Jepang tergolong kaku sehingga kurang nyaman untuk dibentuk. Akan tetapi, jenis kain ini tetap mempunyai banyak penggemar karena ketersediaan warnanya yang sangat beragam.

3. Voal Two Tone

Seperti dengan namanya, voal ini mengandung 2 jenis warna pada tekstur kainnya. Voal yang semula dijadikan produk hijab oleh vanilla ini mulai menjadi populer di kalangan masyarakat, banyak sekali duplikasi yang menyerupai voal two tone di pasaran. Tetapi,  karena banyak pabrik yang memproduksi akhirnya kain ini berkurang, sehingga pada tahun 2019 kain voal two tone sudah tidak ada lagi di pasaran.

4. Voal Dobby

Voal dobby memiliki tekstur yang unik karena terlihat seperti ada kotak-kotak di bagian permukaannya. Tekstur kain ini lemas dan lembut sehingga banyak menyukai jilbab pashmina berbahan voal dobby. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, jenis kain voal semakin bervariasi dan menawarkan kenyamanan lebih, sehingga membuat jenis kain voal ini tidak lagi diminati di pasaran.

5. Voal Superfine

Jenis voal superfine mengandung serat katun yang lebih banyak daripada voal premium sehingga tekstur permukaan kainnya lebih halus. Tidak hanya itu, voal superfine juga lebih tebal sehingga cocok bagi pengguna yang tidak ingin terlalu menerawang. Meskipun tebal, kain ini tetap mudah menyerap keringat karena memiliki sirkulasi udara yang baik.

6. Voal Ultrafine

Bahan voal ini mempunyai karakteristik kain yang lembut dan nyaman saat dipakai. Voal ultrafine termasuk jenis bahan jilbab yang berkualitas dengan harga yang ekonomis. Warna-warna pastel yang dari kain voal ultrafine juga membuatnya begitu digemari untuk bahan hijab segi empat.

7. Voal Premium

Bahan kain voal premium mempunyai tekstur yang lebih halus jika dibandingkan dengan kain voal basic. Hal itu karena campuran katun pada bahan ini lebih banyak, sehingga membuat tekstur nya menjadi lebih halus dan tidak kaku. Jenis kain ini juga terbilang cukup tipis dan sangat menyerap keringat sehingga lebih nyaman ketika di gunakan untuk berbagai kegiatan harian.

8. Voal Ultra Satin

Produk dengan berbahan katun dan bercampur bahan silk, muncullah voal Ultrasatin yang begitu lembut dan sedikit ada efek kilap nya, seakan menunjukkan sisi luxury nya membuat kain Voal Ultrasatin terlihat lebih mewah, di bandingkan voal yang lain. Hasilnya akan lebih terlihat mewah jika sudah di jadikan Hijab.

9. Voal Watersplash

Voal ini muncul di tahun 2019 dengan kelebihannya yang tidak dimiliki voal lainnya, yaitu anti air atau watersplash. Harga voal watersplash ini sedikit mahal. Meski begitu, karena sisi keunikan anti airnya tidak membuat para hijabers mundur untuk memproduksi voal watersplash menjadi produk hijab andalan.

Nah itu dia jenis hijab voal dan karakteristik bahannya. Terdapat 4 jenis voal terbaik yang sering laris di pasaran yaitu voal ultrafine, voal superfine, voal watersplash, dan ultra satin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru