Ketahui! Inilah Tips Membuat Catatan Saat Kuliah bagi Mahasiswa

Avy Elshanda 0 Komentar

Mencatat materi dalam kuliah adalah hal yang penting. Namun, kita juga harus membuat catatan kuliah agar terlihat menarik.

Indiffs Untuk mengingat materi dalam perkuliahan membuat catatan kuliah adalah hal yang paling penting, karena dengan mencatat banyak hal yang bakalan kita dapatkan seperti ingatan terhadap sesuatu yang kita catat. Dan bila kita lupa dengan materi yang dijelaskan oleh dosen dapat kita buka kembali dalam catatan yang kita tulis.

Bisa kita hiasi dengan berbagai warna ataupun membuat peta konsep yang sudah di jelaskan oleh dosen. Agar penampilan catatan tidak membosankan dan supaya terlihat segar dan unik jika dibaca.

Lalu apa saja agar catatan kuliah menjadi efisien, mudah dipelajari dan terlihat menarik? yuk simak seperti dibawah ini:

1. Catat Hal yang Penting Saja

Catat Hal yang Penting Saja

Catat Hal yang Penting Saja – Universitas Ciputra

Proses pembelajaran di kampus perkuliahan dengan di sekolah sangat berbeda. Biasanya, di sekolah kita mencatat apa yang dituliskan oleh guru di papan tulis. Berbeda dengan kuliah, kita sebaiknya mencatat hal atau poin-poin penting saja dari materi yang disampaikan oleh dosen.

Tidak semua kata-kata yang terdapat dalam slide materi perlu dicatat. Kita bisa menuliskannya dengan kata-kata sendiri. Hal ini pun tentunya akan membuat kita menghemat waktu dan ketinggalan dengan materi selanjutnya.

Selain itu, jangan hanya fokus pada slide, perhatikan juga kata-kata yang diucapkan oleh dosen dan yang dituliskannya pada papan tulis. Bisa saja yang dikatakan atau dituliskan itu penting meskipun tidak ada dalam slide.

2.  Buat Peta Konsep (mind map)

Buat Peta Konsep (mind map)

Buat Peta Konsep (mind map) – Google Sites

Peta konsep adalah diagram yang digunakan untuk menjabarkan sebuah materi menjadi poin-poin yang lebih spesifik (bercabang). Metode ini disebut juga mind mapping.

Contohnya bisa dilihat pada gambar diatas, yang tentunya cara ini akan membuat kita lebih mengerti terhadap materi yang diberikan saat perkuliahan.

3. Menulis dengan Gaya yang Visual

Menulis dengan Gaya yang Visual

Menulis dengan Gaya yang Visual – Liputan6.com

Membuat catatan tidak harus melulu dengan menulis paragraf. Kita juga bisa mencatat dengan objek-objek visual seperti memakai bentuk persegi, lingkaran, segitiga, membuat tulisan tebal atau miring, membuat judul dengan gambar pita, membuat ilustrasi seperti komik dan lain-lain.

4. Hindari Tulisan Terlalu Rapat

Hindari Tulisan Terlalu Rapat

Hindari Tulisan Terlalu Rapat – Liputan6.com

Kalimat-kalimat yang rapat pasti akan membuat kita susah untuk membacanya. Dan usahakan untuk meluangkan space/ruang yang cukup antar paragraf, kolom (jika 1 halaman terdapat beberapa kolom), atau objek (jika mencatat dengan gaya visual). Dengan begitu, catatan kita pun akan lebih enak dipandang sewaktu me-review-nya.

5. Hiasi Catatan dengan Warna

Hiasi Catatan dengan Warna

Hiasi Catatan dengan Warna – Hipwee

Catatan yang dihiasi oleh berbagai macam warna akan membuat segar ketika kita membacanya. Catatan dengan satu warna terkesan sangat monoton dan membosankan.

Agar catatan kita lebih menarik, hiasilah dengan minimal 3/4 warna seperti warna hitam, merah, biru dan hijau. Misalkan warna biru digunakan untuk menulis kalimat secara bergantian, sedangkan merah digunakan untuk garis bawah atau ikon poin-poin. Dan untuk sisa warnanya, bisa kamu gunakan sebagai menggambar/menghiasi area buku tulis kamu.

6. Gunakan Gadget untuk Mencatat

Gunakan Gadget Untuk Mencatat

Gunakan Gadget Untuk Mencatat – Campuspedia

Gadget sudah menjadi alternatif dalam membuat catatan. Kita dapat menyimpan catatan di smartphone/ laptop tanpa harus berurusan dengan banyak kertas. Hal satu ini tentu sah-sah saja jika dosen memperbolehkan kita menggunakan gadget saat sedang kuliah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru