Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-9, Setara Ibadah Para Nabi

Admin 0 Komentar

Aturan shalat tarawih ialah sunnah umum dan keutamaanya sangat besar. Seperti yang disebutkan dalam keutamaan tarawih di malam ke-9 berikut

INDIFFS.COM – Setiap malamnya, shalat tarawih memiliki keutamaan berbeda. Salah satunya dengan keutamaan yang ada di ibadah shalat sunnah tarawih malam ke-9.

Pelaksanaan shalat tarawih hukum nya adalah sunnah yang khusus dilakukan pada malam Ramadhan saja. Dinamai shalat tarawih, karena orang yang melakukannya pun beristirahat sejenak di antara 2 kali salam atau 4 kali rakaat.

Walaupun shalat tarawih hukumnya sunnah muakkad, tetapi sunnah ini dikukuhkan atau dianjurkan. Karena baginda Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan shalat tarawih, bahkan beliau tidak pernah meninggalkan ibadah sunnah tarawih.

Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-9

Bagi yang menjalankan ibadah shalat tarawih di malam ke-9, maka pahala yang akan di dapat adalah seperti dirinya telah beribadah kepada Allah SWT sebagai mana para Nabi Alaihis sahlatu wassalam Beribadah. Landasan ini tercantum dalam Kitab Durotun Nasihin, karya Syekh Utsman Bin Hasan Bin Ahmad AsSyakir Al-Khaubawiyyi.

وَفِى اللَّيْلَةِ التَّاسِعَةِ فَكَأَنَّمَا عَبَدَ اللهَ تَعَالَى عِبَادَةَ النَّبِىِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ

Artinya: Pada malam kesembilan, seakan-akan beribadah kepada Allah sebagaimana ibadahnya para nabi.

Keutamaan lainnya pun disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه)

Artinya, “Barang siapa melakukan shalat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Dijelaskan bahwa, seolah-olah ia mendapatkan pahala ibadah setara dengan pahalanya para Nabi kepada Allah SWT.

Keutamaan lain dijelaskan dalam hadis Imam Bukhari dan Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW Bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadhan (sholat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)”

Demikianlah keutamaan dari shalat tarawih malam ke-9 yang bisa kita dapatkan jika kita benar-benar melakukannya dengan tulus dan ikhlas hanya karena dan kepada Allah SWT. Semoga segala ibadah baik kita di bulan ini dapat diterima.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru