Keutamaan Sholat Hajat, No. 4 Paling Diinginkan Umat Muslim!

Resa Azzahra 0 Komentar

Keutamaan sholat hajat merupakan keajaiban yang luar biasa, yuk ketahui apa saja keutamaan nya dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari ya.

indiffsKeutamaan sholat hajat memiliki keajaiban yang luar biasa, pasalnya sholat hajat dapat membuat hidupmu menjadi lebih berkah dan tenang. Sholat sunnah hajat ini jika di kerjakan mendapatkan pahala, apabila tidak dikerjakan tidak apa-apa.

Sholat hajat (kebutuhan/keinginan) merupakan ibadah sholat sunnah yang terdiri dari minimal 2 rakaat sampai dengan 12 rakaat. Salah satu keutamaan dari sholat ini, yang paling masyhur yaitu dapat melancarkan doa atau mengabulkan doa kita.

Keutamaan Sholat Hajat

Keutamaan dari sholat hajat ini dapat dirasakan, ketika kita sudah rutin mengamalkan sunnah yang satu ini. Dengan melaksanakan atau mengamalkan ibadah-ibadah sunnah, akan mendatangkan kecintaan dari Allah SWT. Berikut keutamaannya yang perlu diketahui:

1. Doa Cepat Terkabul

Manfaat sholat hajat ini terkenal dengan terkabul nya doa. Hajat (keinginan/kebutuhan) hal ini sesuai dengan bunyi salah satu hadis mengenai keutamaan sholat hajat. Sayyid Sabiq yang ada dalam Fiqih Sunnah dari Abu Darda radhiyallahu’anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

Man tawadhdhaa fa’asbaghalwudhuu tsumma shallaa rak’atayni yutimmuhuma a’thaahullahu maa sa ala mu’ajjilaan aw muakhkhiraan.

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

2. Hidup Menjadi Berkah

Salah satu manfaat sholat hajat yang bisa kamu rasakan adalah memiliki hidup penuh keberkahan Allah SWT. Setiap kali kamu melakukan dan membaca doa sholat hajat maka manfaat sholat hajat membuat Allah SWT akan senang dan membuat hidupmu lebih berkah serta dilindungi oleh Allah SWT.

3. Selalu Diberikan Keselamatan

Selain dapat terkabulnya doa serta hidup menjadi lebih berkah, kamu juga bisa melaksanakan sholat hajat ketika tengah menghadapi kesulitan atau sedang meminta perlindungan nya. Barang siapa yang membaca doa sholat hajat maka akan diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 45

وَٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلْخَٰشِعِينَ

Wasta’iinu bish-shabri wash-shalaah, wa innahaa lakabiiratun illaa ‘alalkhaasyi’iin.

Artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.”

4. Makin Dicintai Allah SWT

Apabila seorang muslim taat dalam menjalankan ibadah wajib dan ditambah berbagai ibadah sunnah, maka Allah SWT akan semakin mencintai hambanya. Seperti dalam hadis Bukhori yang berbunyi:

إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ: مَنْ عَادَى لِي وَلِيَّاً فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالحَرْبِ. وَمَا تَقَرَّبَ إِلِيَّ عَبْدِيْ بِشَيءٍ أَحَبَّ إِلِيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ. ولايَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

innallaha ta’aalaa, qaala: man ‘aadaalii waliyyan faqad adantuh bilharbi, wamaa taqarraba ‘abdii bisyai in ahaba ilayya mimmaftaradhtuhu ‘alaih. walaa yazaalu ‘abdii yataqarrabu ilayya binnawaa fili hattaa uhibbah.

Artinya: “Barangsiapa yang memusuhi wali (kekasih)-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang telah Aku wajibkan kepadanya. Senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

5. Hati Menjadi Lebih Tenang

Pasalnya ketika hati tenang, maka pikiran serta tindakan pun akan menjadi lebih positif. Maka dari itu, segala masalah dan hajat bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Dan siapa saja yang rajin melaksanakan sholat, maka bisa dipastikan orang tersebut akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa nya.

6. Diberikan Kelancaran

Dengan rutin melakukan sholat hajat, kita akan terjauh dari kesulitan. Seorang hamba yang sedang mendapatkan kesulitan dalam menjalankan hidup, dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat dengan penuh rasa ikhlas dan syukur. Dan jangan lupa untuk berdoa untuk meminta pertolongan dari Allah SWT.

7. Meraih Pahala

Sholat hajat dapat meraih pahala atau amalan dari Allah SWT. Mengerjakannya merupakan salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah  SAW., namun tak melaksanakannya tidak akan mendapatkan dosa maupun pahala.

8. Bersama Rasulullah Di Surga

Semua umat islam pastinya bermimpi ingin bertemu beliau di surga kelak. Olah karena itu, ibadah yang satu ini senantiasa di jaga agar semakin besar peluang untuk bersama-sama baginda Nabi Muhammad SAW di surga kelak.

9. Memiliki Rasa Tawakal Lebih Kuat

Dengan Melaksanakan sholat hajat, seseorang akan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang memberikan apa yang dibutuhkan. Sholat ini menjadi salah satu wujud bahwa seorang hamba membutuhkan Allah SWT dengan menunjukan menyerahkan diri pada nya.

Nah itulah 9 keutamaan sholat hajat yang bisa kamu dapatkan, yuk rasakan manfaat sholat hajat dengan tekun menjalaninya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru