Keutamaan Surat Al Hajj, Ada Ayat Yang Bisa Datangkan Jodoh!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Surat Al-Hajj memiliki arti haji yang terdiri dari 78 ayat dalam Al Quran. Lantas, apa keutamaan surat Al Hajj? Yuk, cari tau!

IndiffsSurat Al-Hajj memiliki arti haji yang terdiri dari 78 ayat dalam Al Quran. Surat ini memiliki sejumlah  keutamaan yang belum banyak diketahui. Selain mendapat pahala bila membacanya, keutamaan surat Al Hajj ini memiliki keutamaan lain yang dapat diperoleh. Menurut Al-Gaznawi, Surat Al-Hajj termasuk surat yang ajaib, karena ia diturunkan di waktu siang dan malam dalam keadaan musafir dan juga mukim. Ada yang diturunkan di Mekkah dan juga Madinah, isinya berkaitan dengan peperangan dan juga perdamaian, serta ada ayat-ayat muhkamat dan juga mutasyabihat.

Keutamaan Surat Al Hajj

Semua surat yang terdapat dalam Al Quran memiliki keutamaan, termasuk surat al Hajj. Berikut keutamaan yang dapat di peroleh apabila membaca atau mengamalkan surat Al Hajj:

1. Sebagai Doa Supaya Bisa Melaksanakan Haji

Keutamaan yang pertama dari surat al Hajj ini yaitu sebagai wasilah atau doa supaya bisa melaksanakan ibadah haji di Baitullah. Hal tersebut sesuai dengan hadits berikut ini:

Abi Abdullah telah berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Hajj di setiap tiga hari, maka ia tidak akan meninggalkan (satu) tahunnya, ia dapat pergi ke baitul-haram, dan jika ia meninggal dalam perjalanannya, maka ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 137)

2. Memiliki Keutamaan Dibanding Surat Lain

Salah satu keutamaan surat ini bisa dibandingkan dengan surat lain, yaitu karena Allah SWT sudah menempatkan dua ayat sajdah di dalamnya. Uqdah bin Amir sudah menceritakan bahwa di sebuah kesempatan, aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW:

“Wahai Rasulullah, apakah surat Al-Hajj diberi keutamaan di dalam Al-Qur’an dengan dua sujud?” Maka baginda menjawab, “Benar, maka barangsiapa yang tidak sujud pada keduanya (ayat sajdah), hendaklah ia tidak membacanya.” (HR. Ahmad)

3. Mendatangkan Jodoh

Surat al Hajj dapat dipakai sebagai wasilah doa supaya dicintai. Siapa saja yang memiliki keinginan untuk dicintai atau disukai oleh banyak orang, maka amalkan dengan berdoa membaca surat Al Hajj ayat 27, terutama setelah mendirikan sholat fardhu.

وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ ۙ

“Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS. Al-Hajj: 27)

Baca setiap hari sebanyak 70 kali. Bisa diamalkan setelah melaksanakan sholat fardhu atau ketika sedang luang. Bisa juga tambahkan shalat hajat untuk mendapatkan jodoh yang diinginkan.

4. Mencegah Seseorang Berbuat Jahat

Saat seseorang merasa ada orang yang ingin berbuat dzalim, maka salah satu wasilah nya adalah dengan membaca surat al Hajj ayat 73-74. Berikut ayatnya,

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ لَنْ يَّخْلُقُوْا ذُبَابًا وَّلَوِ اجْتَمَعُوْا لَهٗ ۗوَاِنْ يَّسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْـًٔا لَّا يَسْتَنْقِذُوْهُ مِنْهُۗ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوْبُ. مَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ

Artinya: “Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah. Mereka tidak mengagungkan Allah dengan sebenar-benarnya. Sungguh, Allah Mahakuat, Mahaperkasa.” (QS. Al-Hajj: 73-74)

Itulah beberapa keutamaan surat al Hajj yang dapat diperoleh apabila mengamalkannya. Semoga dengan mengetahui keutamaan nya kita dapat lebih semangat dan rajin membacanya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru