Keutamaan Surat Al Kahfi Apabila Kita Membacanya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Surat yang disebut Ashabul Kahf ini terdapat keutamaan-keutamaan ketika kita membacanya. Apa saja Keutamaan surat Al Kahfi ini? simak berikut

Indiffs – Al Kahfi artinya merupakan penghuni-penghuni goa. Hal ini merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam kitab suci Al-Quran surat ke delapan belas. Al Kahfi diketahui merupakan surat makkiyah yang mempunyai dan memiliki jumlah ayat sebanyak 110 ayat. Surat yang disebut dengan Ashabul Kahf ini terdapat keutamaan-keutamaan ketika kita membacanya.

1. Mendapatkan Ridho Allah

Ridho Allah SWT merupakan salah satu tujuan terpenting yang dicari oleh umat muslim. Sebab, ridho dari Allah dapat membuat hidup manusia terasa lebih tenteram dan damai. Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Sebagaimana sabda Rasulullah tersebut, maka siapa pun orang yang membaca surat Al-Kahfi, dapat mendekatkan diri kita pada ridho Allah SWT dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah.

2. Diampuni Dosa di Antara Dua Jum’at

Banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Rasulullah SAW. Seperti yang diriwayatkan dalam hadist,

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

3. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda yang maknanya, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَهُوَ مَعْصُومٌ إِلَى ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ، وَإِنْ خَرَجَ الدَّجَّالُ عُصِمَ مِنْهُ

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.”

4. Sebagai Pengingat Hari Kiamat

Setiap umat Muslim seharusnya banyak mengingat akan adanya hari kiamat, karena dengan mengingat–ingat datangnya hari kiamat tersebut maka akan menuntun kita untuk melakukan kebaikan. Hal tersebut juga dituliskan di dalam surat Al Kahfi ayat 47

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

“Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.”

5. Disinari Cahaya antara Dirinya dan Ka’bah

Dengan membaca QS. Al Kahfi pada hari jumat dia akan disinari antara dirinya dan Ka’bah. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471).

Itulah beberapa keutamaan dari surat Al Kahfi bila kita sering membacanya dan memahami surat tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru