Kultum Hari ke-9 Ramadhan: ‘Menjaga Hati Selama Bulan Puasa’

Admin 0 Komentar

Kultum Ramadhan hari ke-9 singkat yang bisa disampaikan, salah satunya dengan tema 'Menjaga Hati Selama Bulan Puasa'.

INDIFFS.COM – Teks kultum Ramadhan hari ke-9 singkat yang bisa disampaikan dalam waktu kurang lebih 5 menit, salah satunya dengan tema ‘Menjaga Hati Selama Bulan Puasa’. Materi ini bisa kamu sampaikan saat kultum subuh atau-pun kultum setelah shalat Tarawih.

Ceramah singkat Ramadhan hari ke 9 adalah sebuah pidato atau pengajaran singkat yang disampaikan pada hari ke-9 bulan Ramadhan. Pada umumnya, ceramah ini bertujuan untuk memberikan nasihat, pengajaran dan motivasi kepada umat muslim.

Kultum Hari ke-9 Ramadhan

Terinspirasi dari berbagai sumber, berikut teks materi kultum hari ke-9 Ramadhan dengan tema ‘Menjaga Hati Selama Bulan Puasa’:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, hari ini kita telah memasuki hari ke-9 bulan Ramadhan yang penuh berkah. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya menjaga hati selama bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Allah SWT. Namun, seringkali kita terlalu fokus pada ibadah-ibadah fisik seperti puasa, sholat tarawih, dan membaca Al-Quran.

Padahal, ibadah-ibadah tersebut hanya akan diterima oleh Allah SWT jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tulus dari hati yang bersih.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim no. 2564).

Dari hadist tersebut, kita dapat memahami betapa pentingnya menjaga hati dari segala bentuk keburukan, seperti dengki, iri hati, benci, dan sejenisnya.

Kita harus senantiasa berusaha untuk membersihkan hati kita dan menjadikannya sebagai tempat bertemunya Allah SWT dengan kita. Dengan hati yang bersih, kita dapat lebih mudah meraih ridha Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam kehidupan kita.

Oleh karena itu, menjaga hati selama bulan Ramadhan sangatlah penting. Kita harus berusaha untuk menghilangkan rasa dengki, iri hati, dan benci dalam hati kita. Kita juga harus memaafkan orang lain yang pernah menyakiti kita dan memohon maaf kepada orang-orang yang pernah kita sakiti.

Selain itu, kita juga harus menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak hati kita, seperti memperbanyak bergosip, menonton hal-hal yang tidak bermanfaat, dan memperbanyak berselisih dengan orang lain.

Kita harus berusaha untuk memperbanyak berdzikir, membaca Al-Quran, dan mengingat Allah SWT agar hati kita senantiasa bersih dan tenang.

Jangan lupa, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT dan sesama manusi.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian teks kultum subuh dan kultum Tarawih edisi bulan Ramadhan 1444 H / 2023 M yang bisa kamu jadikan referensi, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru