Kumpulan Doa Meminta Rezeki Yang Halal Dan Lancar, Amalkan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Agar kita mendapatkan rezeki yang berlimpah, berkah dan halal, sebaiknya kita ber doa kepada Allah SWT dengan meminta rezeki yang di berkahi.

INDIFFS.COMDoa meminta rezeki dapat dibacakan dan diamalkan oleh umat islam agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam mencari rezeki. Setiap umat muslim yang meminta kelancaran rezeki yang berlimpah dapat dilakukan dengan memanjatkan doa kepada Allah secara khusyuk sambil diiringi dengan usaha. 

Sebaiknya apapun yang kita inginkan, jangan lupa berdoa untuk meminta pada-nya. Dalam Al-Quran surat Gafir ayat 60 Allah SWT bahkan berfirman akan kekuatan doa:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

wa qaala rabbukumud’uii astajib lakum, innalladziina yastakbiruna ‘an ‘ibaadaii sayadkhuluna jahannama daakhiriin.

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”.

Untuk itu, jika kita ingin selalu mendapatkan keberkahan-keberkahan dalam mencari rezeki jangan pernah ragu untuk selalu berdoa kepada Allah SWT.

Doa Meminta Rezeki Yang Diberkahi

Doa berikut bermakna memohon kemudahan rezeki, terutama ketika sedang putus harapan karena seret dan meminta pada Allah supaya kembali dilancarkan dengan membaca doa pembuka pintu rezekinya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَ عَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Allohumma Innii As-Aluka Min Fadhlika Wa A’thoo-Ika Rizqon Thoyyiban Mubaarokan.

Artinya: “Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.” (HR. Thabrani).

Doa Diberi Kemudahan

Untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari rezeki kita dapat membaca doa ini untuk meminta kemudahan kepada-nya.

اللهم ياغني ياحميد يامبدئ يامعين يارحيم ياودود أغنني بحلالك عن حرامك وبطاعتك عن معصيتك وبفضلك عمن سواك 

Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bi halaalika ‘an haraamika wakfini bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa aalihi wa sallam.

Artinya: “Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat yang mengembalikan, wahai Dzat yang mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.”

Doa Dicukupkan Rezekinya

Doa agar selalu di cukupkan rezekinya terdapat dalam QS. At-Taubah Ayat 129, yang berbunyi:

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ࣖ

Hasbiyallahu la ilaha illa huwa, ‘alaihi tawakkaltu, wa huwa rabbul ‘arsyil ‘adhim.

Artinya: “Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”

Doa Meminta Kelancaran Rezeki

Agar usaha kita tidak sia-sia untuk mencari rezeki, berdoa agar Allah SWT selalu memberi kita kelancaran dalam mencari rezeki.

اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

Allahumma innii as’aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar engkau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki yang halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Doa Agar Rezeki Berlimpah

Agar dapat dilimpahkan rezeki kita dapat memintanya kepada Allah dengan memanjatkan doa berikut ini. Nabi Sulaiman juga pernah meminta kepada Allah, agar dilimpahkan rezeki melalui doa. Doa tersebut terkandung dalam Qur’an surat Shod ayat 35:

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Qaala rabbigfir lii wa hab lii mulkal laa yambagii li`aḥadim mim ba’dii, innaka antal-wahhaab.

Artinya:
Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang maupun sesudah ku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Itulah doa-doa yang bisa kita panjatkan untuk meminta rezeki yang halal serta berkah dengan dilancarkan usaha kita. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru