Kumpulan Teks Pidato Hari Pahlawan 2022, Penuh Makna!

Resa Azzahra 0 Komentar

Dalam merayakan Hari Pahlawan Nasional. Berikut ini ada beberapa contoh teks pidato Hari Pahlawan 2022 cocok untuk semua jenjang dan lembaga!

INDIFFS.COM – Pidato Hari Pahlawan 10 November 2022 ini menjadi salah satu yang disampaikan setiap peringatan hari bersejarah ini. Pidato ini cocok untuk tingkat sekolah, lembaga, instansi hingga masyarakat umum.

Pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata untuk orang banyak. Hal ini dalam mengingat perayaan Hari Pahlawan tentunya harus memiliki pesan dan makna terkait perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Teks Pidato Hari Pahlawan 2022

Tak hanya membacakan teks pidato saja. Saat menyampaikannya, kita juga harus tampil dengan baik dan perfect, serta dapat menarik audiens untuk dapat berinteraksi dengan si pembawa pidato.

Berikut beberapa contoh teks pidato Hari Pahlawan 2022 yang dapat mengobarkan semangat pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Maka, simak teks pidato SD, SMP, SMA, Lembaga, Instansi hingga masyarakat umum penuh makna ini:

Contoh Pidato 1

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan merupakan momentum untuk mengenang para pahlawan, perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia.

Dengan segala perjuangan dan pengorbanan nya, bangsa Indonesia bisa merdeka dari para para penjajah.

Setelah kemerdekaan diraih maka tugas kita selanjutnya adalah bersatu sesama rakyat Indonesia. Sesama saudara, sebangsa, dan se tanah air, kita tidak boleh saling membenci atau saling adu domba.

Meskipun kita berbeda suku, agama, ras, dan golongan, akan tetapi kita tetap satu Indonesia… Janganlah membuat pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi bangsa dan negara menjadi sia-sia karena rakyat Indonesia tidak bisa meneruskan perjuangan mereka.

Hadirin yang berbahagia, Perjuangan kita saat ini berbeda dengan zaman dahulu yang menghadapi para penjajah.

Di era yang semakin maju ini, jadilah pahlawan untuk diri sendiri, pahlawan untuk keluarga, pahlawan untuk orang tua, dan pahlawan bagi masyarakat.

Sudah saatnya generasi muda menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dengan caranya masing-masing.

Demikian pidato singkat tentang pahlawan. Semoga kita semua bisa meneledani perjuangan para pahlawan. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh Pidato 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur mari kita sampaikan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas izin-Nya, kita semua bisa berkumpul dalam kesempatan kali ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW yang senantiasa mencintai kita semua umatnya bahkan diujung usianya.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala sekolah serta semua Bapak/Ibu Dewan Guru serta yang saya sayangi, anak-anakku sekalian.

Dalam kesempatan peringatan Hari Pahlawan ini, izinkan saya menyampaikan sepatah atau dua patah kata tentang perjuangan salah satu pendiri bangsa kita, Bapak Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta.

Kita mengenal Soekarno dan Hatta sebagai pasangan pemimpin pertama di Indonesia. Namun jauh sebelum itu, Soekarno dan Hatta sudah berjuang sejak masih menjadi pelajar.

Beliau berdua sudah bercita-cita membuat Indonesia merdeka sejak muda, dimulai dengan suka membaca buku apa saja. Dua sahabat ini sama-sama suka memperkaya diri dengan ilmu sebagai bekal melawan penjajah.

Perjuangan mereka tidak mudah, Soekarno dan Hatta sama-sama pernah mengalami pengasingan. Tapi mereka tidak menyerah. Dalam perjalanan melawan penjajah, keduanya juga pernah tidak sependapat, namun saling memberi dan menerima kritikan, agar tetap bersatu dalam perjuangan.

Sikap selalu ingin tahu, gigih berjuang, dan mau menerima kritikan itu menguatkan dua sosok pahlawan bangsa ini, sampai Indonesia merdeka. Pada peringatan Hari Pahlawan Indonesia ini, marilah kita mengingat dan meneladani sikap Soekarno dan Hatta.

Meskipun sekarang kita tidak lagi dijajah, mari kita contoh sikap ingin tahu dari membaca buku, kegigihannya dalam berjuang, saling menerima kritik dan bersatu satu sama lain.

Terimakasih kasih atas perhatian semuanya, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Itulah sepatah dua patah kata yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kekurangan dalam penyampaiannya, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh Pidato 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua. Kepada Bapak/Ibu yang saya hormati dan teman-teman yang saya bangga kan.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena rahmat dan nikmat-Nya kita semua bisa berkumpul pada hari yang cerah ini. Shalawat serta salam kita sampaikan untuk Nabi Muhammad SAW.

Saya ucapkan terima kasih, karena diberikan kesempatan berdiri di hadapan teman-teman semua untuk membacakan pidato. Hari ini saya akan membacakan pidato yang berjudul ‘Definisi Patriotisme’

Hadirin yang berbahagia,

Definisi nasionalisme saat ini berhubungan erat dengan mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia. Konsep nasionalisme juga berhubungan dengan mewujudkan satu kesatuan sebagai identitas bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Namun apa hubungan nasionalisme dengan bahasa indonesia?

Jika kita lihat pada anak-anak muda jaman sekarang, bahasa indonesia sudah hampir menghilang. Anak-anak muda saat ini lebih sering menggunakan bahasa gaul serta bahasa asing daripada menggunakan Bahasa Indonesia.

Bahasa merupakan sebuah identitas suatu bangsa. Itu sebabnya sebagai anak-anak muda penerus generasi bangsa, harus bisa mempertahankan bahasa indonesia agar tidak bergeser bahkan menghilang karena tergantikan dengan bahasa-bahasa yang lain. Tetap lestarikan dan jaga bahasa Indonesia dengan sepenuh hati.

Terapkanlah Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ini terlihat sepele, namun dapat memberikan dampak yang besar. Menggunakan Bahasa Indonesia juga merupakan bentuk cinta kita terhadap tanah air.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya tolong dimaafkan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh Pidato 4

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sehat, dan salam sejahtera bagi kita semua… Yang terhormat, Bapak/Ibu Pimpinan/Ketua… Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan

Pertama dan di atas segalanya marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus kepada kita semua.

Shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Pada tahun 2022 ini, kita kembali diajak untuk singgah di momentum bersejarah bernama Hari Pahlawan Nasional, tepatnya pada 10 November Tahun 2021.

Jikalau kita melihat-lihat postingan, gambar, quotes, hingga twibbon bertema Hari Pahlawan, maka tampaklah oleh kita ada gambar bendera, bambu runcing, hingga kepalan tangan. Apa makna dari semua itu? Maknanya tiada lain ialah; bahwa pahlawan itu identik dengan perjuangan.

Sejatinya peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 bukan lagi sekadar mengulang kisah tentang pertempuran Surabaya 10 November 1945 melainkan juga mengajak kita semua untuk memetik inspirasi dari para pahlawan negeri.

Inspirasi yang dimaksud adalah nilai-nilai perjuangan, karya, teladan, hingga karsa para pahlawan. Misalnya dari jati diri seorang pahlawan itu sendiri.

Saudara-saudari yang berbahagia, tahukah kita siapa yang dimaksud dengan pahlawan itu?

Pahlawan tiada lain ialah orang yang rela mengorbankan kenyamanan dan kesenangan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti yang ia rasakan. Bila kita sandingkan dengan kemerdekaan? Maka pahlawan adalah pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan waktu, tenaga, hingga darah.

Sedangkan bila kita sandingkan dengan hari ini, maka pahlawan bisa datang dari guru, dokter, perawat, petani, pejabat, pelajar, atlet, hingga siapa saja yang mampu dan mau mengorbankan diri untuk kebahagiaan orang banyak serta kejayaan negeri ini.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Menyimak keadaan hari ini, kadang kita cukup dibuat resah oleh geliat para generasi muda yang begitu gampang berkiblat kepada tren-tren kekinian seperti Squid Game, K-Pop, TikTok, hingga sederet keviralan lainnya.

Jikalau mereka menyukai hal tersebut secukupnya saja, sungguh itu tidaklah menjadi masalah. Tapi jikalau mereka sudah “mabuk” tren? Itu yang bahaya. Padahal di negeri ini ada begitu banyak pahlawan yang bisa menjadi pelajaran dan inspirasi.

Contohnya seperti tukang sapu. Mereka bangun setiap hari lebih awal daripada fajar hanya untuk menyapu jalan, menyingkirkan sampah, hingga daun-daun kering. Sedangkan kita? Jangan sampai diri ini sehari-hari keseringan rebahan.

Bapak, Ibu, serta Saudara-Saudari yang berbahagia;

Pada momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 ini, marilah kita petik nilai-nilai teladan dan inspirasi dari pahlawan negeri. Karena berjuang itu tidak harus terjun ke medan perang melainkan juga bisa berjuang dengan menebar kebaikan dan berkarya.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Banyak maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Itulah beberapa teks pidato Hari Pahlawan 2022. Harapannya, pidato ini dapat membuka kesadaran para pendengar untuk memaknai kemerdekaan dan menghormati jasa para pahlawan di hari bersejarah. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Pahlawan Nasional!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru