Lengkap! 3 Bacaan Doa Sujud Syukur, Sesuai dengan Sebabnya

Azzahra 0 Komentar

Bacaan doa sujud syukur dalam Islam merupakan salah satu ibadah yang semata-mata ditujukan kepada Allah. Berikut ini bacaan doa lengkap latin!

INDIFFS.COM – Bacaan doa sujud syukur dalam Islam merupakan salah satu ibadah yang semata-mata ditujukan kepada Allah sebagai bentuk mengungkapkan rasa terimakasih dan syukur atas segala nikmat yang masih Allah berikan.

Selain mengucapkan Alhamdulillah ketika mendapatkan rezeki melimpah dan nikmat dari Allah SWT, terkadang ada orang yang melakukan sujud syukur dan membaca doa sujud syukur. Sujud syukur sendiri tentunya berbeda dengan sujud yang biasa dilakukan ketika shalat.

Sujud syukur merupakan ungkapan terimakasih atas hal baik yang tak terduga dari Allah SWT. Perintah untuk terus bersyukur pun telah disebutkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur;an surat Ibrahim Ayat 7, Allah Berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Wa iz ta’azzana rabbukum la ‘in syakartum la’azīdannakum wa la’ing kafartum inna ‘azabi lasyadiid

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim:7).

Bacaan Doa Sujud Syukur

Berikut ini bacaan sujud syukur yang paling umum dilafalkan dan dibaca satu kali setelah niat sesuai dengan sebab-sebabnya:

  • Mendapatkan Pertolongan
سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

Subhaanallohi walhamdulillaah walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil’azhiim.

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

  • Mendapat Nikmat
الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَنْعَمَ عَلَيَّ بِكَذَا وَدَفَعَ عَنِّيْ كَذَا وَعَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلَى بِهِ فُلَانًا

Alhamdulillahil ladzi an’ama ‘alayya bi kadza, wa dafa’a anni kadza, wa ‘afani mimmabtala bihi fulanan.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Zat yang memberikan nikmat kepadaku berupa…(sebutkan dalam hati nikmat yang diterima), dan menolak dariku marabahaya…(sebutkan bahaya yang dimaksud), dan menyelamatkanku dari musibah yang Allah berikan kepada fulan…(sebutkan musibah yang dimaksud),” [Syekh Sulaiman Al-Kurdi, Al-Hawasyil Madaniyyah, Al Haramain: tanpa tahun, juz I, halaman 317].

  • Terhindar dari Maksiat dan Hal Berbahaya
اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِي دِيْنِنَا

Allahumma la taj’al mushibatana fi dinina.

Artinya: “Ya Allah, jangan jadikan musibah kami pada agama kami.”

Mengenai waktu melaksanakan sujud syukur ini sebenarnya tidak ada ketentuan spesifik, bahkan Rasul pun melakukannya kapan saja saat mendapat sesuatu menggembirakan. Bacaan sujud syukur tentunya bisa dilafalkan langsung atau setelah salat sesuai keperluannya. Asalkan dalam keadaan suci, menutup aurat dan menghadap kiblat.

Demikianlah bacaan doa sujud syukur sesuai dengan sebabnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru