Lengkap! Bacaan Sholawat Ilmu Syaikhona Kholil Bangkalan

Admin 0 Komentar

Sholawat Ilmu adalah karya Syaikhona Kholil Bangkalan seorang waliyullah yang merrupakan guru KH Hasyim Asy'ari pendiri Jam'iyyah NU.

INDIFFS.COM – Sholawat merupakan salah satu amalan dengan keutamaan yang besar dan menghasilkan manfaat bagi umat muslim yang mengamalkannya. Adapun salah satu bacaan sholawat yang terus diamalkan hingga saat ini, khususnya oleh warga NU ialah sholawat Ilmu.

Sholawat ini merupakan karya Syaikhona Kholil Bangkalan. Beliau merupakan seorang waliyullah yang merupakan guru KH Hasyim Asy’ari pendiri Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU) yang mempunyai sebuah karya monumental yaitu sholawat ini.

Bacaan Sholawat Ilmu karya Syaikhona Kholil Bangkalan

Mengutip dari laman Nu Online, berikut merupakan bacaan Shalawat Ilmu karya Syaikhona Kholil Bangkalan lengkap arab, latin dan artinya:

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَجْعَلُنَا بِهَا مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا وَتَحْشُرُنَا بِعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ فِي دُنْيَانَا وَأُخْرَانَا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin shalatan taj’aluna biha min ahlil ‘ilmi dhahiran wa bathinan wa tahsyuruna bi’ibadikas shalihina fi dunyana wa ukhrana wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas tuan kami Nabi Muhammad saw, rahmat yang dengannya Engkau jadikan kami menjadi bagian dari ahli ilmu lahir dan batin, Engkau kumpulkan kami dengan hamba-hamba-Mu yang saleh di dunia dan akhirat, dan (limpahkanlah juga) untuk keluarga Nabi saw, para sahabat, dan limpahkanlah salam (atas mereka semua).”

Keutamaan

Mengutip dari laman nu online, dalam kitab Ratib Syaikhona Kholil yang disusunan oleh Rim Lajnah Turats Ilmu dijelaskan Shalawat Ilmu memiliki faedah bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan oleh Allah dimudahkan untuk mendapatkan ilmu. Dalam kitab tersebut dinyatakan:

وَأَوْصَى بَعْضُ الْمَشَايِخِ قِرَائَتَهَا قَبْلَ الدَّرْسِ مُنْفَرِدًا أَوْ جَمَاعَةً. قَالُوْا: يُرْجَى نَفْعُهَا لِحُصُوْلِ الْعِلْمِ النَّافِعِ وَالْفُتُوْحِ، وَالْحَشْرِ مَعَ عِبَادِ اللهِ الصَّالحِيْنَ فِي الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Artinya: “Telah berwasiat sebagian guru untuk membacanya (shalawat ilmu), sebelum pelajaran, baik sendiri maupun secara bersama. Mereka berkata: dengan manfaat (shalawat ilmu), bisa diharapkan mendapat ilmu yang manfaat dan futuh (dibukanya hati), serta akan dikumpulkan bersama dengan hamba-hamba Allah yang saleh, di dunia dan akhirat.” (Lajnah Turats ‘Ilmu, Ratib Syaikhona Kholil, [Darul Khalil], halaman 15).

Demikian bacaan shalawat ilmu Syaikhona Muhammad Kholil, Bangkalan dengan keutamaannya. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru