Liburan ke Pangandaran? Simak Tips Berikut Ini, Agar Tetap Aman!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebelum berlibur ke Pangandaran, ada baiknya kita mengetahui beberapa tips aman ke pantai tersebut dan berenang dengan aman, yuk simak!

INDIFFS.COM – Tips aman berwisata ke Pangandaran perlu untuk kita ketahui. Pasalnya, Pangandaran adalah salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa dengan nuansa ketenangan yang mungkin berbeda dengan wisata di Bali. Pada akhir pekan, banyak pengunjung datang dari berbagai kota untuk menikmati kesejukan tempat tersebut.

Pangandaran sendiri terletak di Kota Parigi, Provinsi jawa Barat. Pantainya terkenal sebagai tempat berselancar, menjadikan Pangandaran banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pangandaran juga merupakan tempat penyimpanan perahu, sehingga disebut dengan istilah andar. Wilayah ini juga terbagi menjadi dua kawasan wisata populer, yaitu sisi timur untuk kawasan nelayan dan ujung selatan berupa kawasan konservasi Hutan Pananjung.

Kawasan Selatan Pantai Pangandaran bisa jadi tujuan piknik para pengunjung. Sebab Pantai yang dijuluki Hawaii Van Jvva selalu jadi magnet para keluarga untuk berlibur bersama. Di tempat ini juga kita dapat menikmati indahnya pemandangan indah, terlebih ketika datang nya sunset dan sunrise.

Tips Aman ke Pangandaran

Namun dibalik keindahannya tersebut, ombak pantai dikenal kejam dan lokasi pantai yang langsung ke Samudera Hindia membuat ombak pantai selalu tinggi. Oleh karena itu, jika berkunjung ke pantai tersebut diwajibkan untuk berhati-hati.

Agar berwisata tetap aman serta nyaman, simak beberapa tips berikut ini:

  1. Susun rencana sebelum berkunjung. Susunlah apa kegiatan yang akan dilakukan disana, dengan mencari informasi lebih dulu sebanyak-banyaknya. 
  2. Pilih waktu terbaik ke Pangandaran. Untuk berkunjung dan berwisata air, seperti beberapa saat setelah memasuki musim kemarau, dimana debit air tidak terlalu besar dan arus sungai lebih aman serta jalanan pun tidak licin.
  3. Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan perlengkapan wisata yang dibutuhkan.
  4. Gunakan lation atau spray anti serangan dan tabir surya untuk melindungi kulit agar tetap sehat.
  5. Siapkan dahulu uang tunai yang cukup, karena fasilitas mesin ATM masih jarang ditemui. Beberapa wisata alam pengandaian tidak terdapat mesin ATM sama sekali.
  6. Jika berkunjung pada musim berlibur, pesan kamar hotel dari jauh hari sebelum akan berkunjung, karena akomodasi liburan akan sangat penuh dan ramai.
  7. Agar tetap aman dan dimudahkan dalam perjalanan, gunakan kasa pemadu wisata di Pangandaran.
  8. Awasi anak-anak dengan seksama dan bawa P3K untuk berjaga-jaga
  9. Ikuti peraturan berenang. Berenaglah di tempat yang dinyatakan aman dan patuhi larangan yang ada di pantai agar todak terkena ombak besar.
  10. Hal penting yang tidak boleh dilewatkan, cari tau status Covid-19 di tempat tujuan. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga jaga jarak, jauhi kerumunan.
  11. Hindari menggunakan pakaian hijau. Diketahui sebelumnya, jika pamhandaran terdapat legenda Nyi Roro kidul sebagai penunggu laut Selatan. Namun larangan tersebut sebenarnya sangat membantu penjaga pantai agar mudah mengenali dan memberikan pertolongan jika terjadi laka laut. sebab pantai Pangandaran didominasi berwarna hijau kecoklatan.

Tips Aman Berenang di Pangandaran 

Selain itu, ada beberapa tips aman berenang di Pangandaran yakni:

  1. Jika terperangkap di dalam arus balik tengah laut, jangan pernah berenang melawan arus (tepi pantai). Berenang lah ke area sebelah kiri maupun kanan, kemudian berenang kembali ke arah pantau (ikuti gelombang menuju pantai).
  2. Selalu tenang ketika berenang mengikuti arus, di luar arus balik. Manfaatkan gelombang ombak untuk kembali ke tepi pantai. 
  3. Ketika terperangkap di arus balik. Jangan panik, gunakan sarana berenang sepeti ban atau papan boogle untuk tidak melepaskannya, segera minta bantuan dengan melambaikan tangan.

Itulah informasi terkait cara aman berlibur ke Pantai Pangandaran. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru