Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda, Wake Up Para Milenial!

Dini NHaH 0 Komentar

Lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda merupakan salah satu lagu wajib nasional yang kerap dibawakan di momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

INDIFFS.COM – Lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda merupakan salah satu lagu wajib nasional yang kerap dibawakan di momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Lagu ini diciptakan oleh Alfred Simanjuntak yang mengajak para pemuda untuk bersama-sama membangun negara Indonesia ini.

Alfred Simanjuntak adalah pencipta beberapa lagu anak-anak, lagu rohani, lagu untuk paduan suara, dan lagu nasional. Dia aktif menulis lagu sejak tahun 1934. Pencipta lagu Bangun Pemudi Pemuda ini lahir di Tapanuli Utara pada 20 September 1920 dan meninggal dunia di Tangerang, Banten pada 25 Juni 2014.

Selain menulis lagu-lagu, dia juga pandai memainkan beberapa alat musik seperti organ, piano, biola, dan gitar. Alfred Simanjuntak kenal dekat dengan Liberty Manik penulis lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda

Berikut lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda ciptaan Alfred Simanjuntak beserta maknanya.

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Lengan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

Makna Lagu Bangun Pemudi Pemuda

Lagu Bangun Pemudi Pemuda dibuat dengan tujuan mendorong dan membakar semangat para pemuda di Tanah Air. Lewat lagu ini, para pemuda diajak untuk tetap semangat dalam membela, memperjuangkan, dan mempertahankan Indonesia dari ancaman apa pun.

Dari lagu ini menjelaskan bahwa golongan pemuda memegang peranan penting untuk meneruskan perjuangan pahlawan bangsa yang sudah gugur. Dengan kata lain, masa depan bangsa Indonesia tergantung pada golongan pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa.

Para pemuda diingatkan untuk membuktikan perjuangan melalui perbuatan, bukan hanya dengan kata-kata. Selain itu, pemuda-pemudi juga harus menerapkan sikap jujur, ikhlas, berhati teguh, dan berpikir jernih.

Melalui lagu ini diharapkan kaum muda tidak pasrah tanpa perjuangan, tetapi harus menjadi garda depan untuk menjaga kesatuan Tanah Air tercinta. Selain itu, lagu ini juga mengingatkan akan pentingnya rasa nasionalisme dan pembentukan karakter sebagai jati diri bangsa.

Demikianlah lirik dan makna lagu Bangun Pemudi Pemuda yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru