Lirik Satu Nusa Satu Bangsa, Nyanyikan di Hari Sumpah Pemuda

Dini NHaH 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak lagu nasional yang memiliki arti mendalam. Salah satunya adalah lagu yang berjudul "Satu Nusa Satu Bangsa".

INDIFFS.COM – Indonesia memiliki banyak lagu nasional yang memiliki arti mendalam. Salah satunya adalah lagu yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa“. Lagu ini pertama kali disiarkan melalui radio pada tahun 1947. Penulis dari lagu ini adalah orang Indonesia asli Sumatera Utara yang bernama Liberty Manik.

Lagu ini memiliki makna mendalam bagi bangsa Indonesia karena berkisah tentang perjuangan membebaskan diri dari penjajahan hingga akhirnya meraih kemerdekaan. Satu Nusa Satu Bangsa mewakili semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang berarti berbeda-beda berarti tetap satu.

Meski Indonesia memiliki suku, agama, budaya dan ras yang berbeda-beda dari Sabang hingga Merauke, seluruh orang yang berada di bawah naungan NKRI masih merupakan satu bangsa yang tidak boleh tercerai-berai.  Adapun lirik Satu Nusa menandakan Indonesia adalah satu meski terdiri dari ribuan pulau dari Barat ke Timur.

Satu Bangsa bermakna Indonesia memiliki banyak suku, yang artinya terdiri dari suku, ras, etnis, budaya dan agama yang beragam. Namun kita tetap satu, yaitu bangsa Indonesia. Adapun makna Satu Bahasa menjelaskan dengan beragam bahasa daerah, masyarakat Indonesia tetap bersatu dengan bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa ini biasanya dinyanyikan saat acara Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Lirik lagu ini juga mengingatkan kita akan perjuangan para pemuda untuk mempertahankan kesatuan Bangsa Indonesia.

Lagu ini mengajak masyarakat untuk tetap mempertahankan kesatuan negara Indonesia. Masyarakat jangan sampai terkena provokasi yang mengakibatkan perpecahan. Bangsa Indonesia dikenal dengan keragamannya dari Sabang hingga Merauke. Keragaman tersebut patut disyukuri karena merupakan bentuk kekayaan bangsa ini.

Lirik Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Berikut lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang diciptakan oleh Liberty Manik.

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk selama-lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta

Nusa bangsa
Dan bahasa
Kita bela bersama

Demikian lirik lagu yang pas dinyanyikan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan jatuh pada 28 Oktober.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru