Lupa Kata Sandi? Ini 3 Cara Mudah Mengganti Password Gmail!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Cara mengganti password Gmail tidak begitu sulit, bahkan kamu bisa melakukannya dengan mudah dan asalkan memiliki berbagai syaratnya.

INDIFFS.COM – Sebagian pengguna mungkin kerap lupa dengan password Gmailnya. Biasanya, ini terjadi saat ia sudah lama tidak membuka Gmail dan jarang menggunakannya. Nah, jika hal ini terjadi pengguna diharuskan untuk mengganti password Gmail miliknya.

Selain melindungi dari pencurian data, mengubah kata sandi Gmail ini untuk membantu dan memastikan bahwa hanya pengguna saja yang dapat menggunakan akun miliknya.

Mengganti kata sandi Gmail sendiri tidak begitu sulit, asalkan kamu memiliki sejumlah syaratnya. Namun terkadang, kamu perlu mengganti password Gmail secara berkala agar akunmu tidak mudah dibobol orang lain.

Cara Mengganti Password Gmail

Nah, agar dapat mengubah password atau kata sandi Gmail ini, kamu harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat email dan password.

1. Dengan Mengakses Laman Google

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengakses laman Google pada perangkat milikmu. Adapun berikut beberapa langkah yang harus kamu ikuti:

  • Pertama, masuk ke laman browser accounts.google.com.
  • Setelah itu, apabila kamu lupa kata sandi, maka bisa memilih tulisan lupa password atau kata sandi yang terletak di bawah kolom login atau kolom password.
  • Kemudian masukkan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan ke akun Google.
  • Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama yang pernah digunakan. Kata sandi lama di sini maksudnya ialah apabila kamu pernah mengganti kata sandi Gmail sebelum lupa dengan password baru.
  • Selanjutnya kamu ikuti sejumlah proses yang diberikan oleh Google sampai selesai.

Mengikuti semua prosedur tersebut dilakukan untuk verifikasi, dimana agar memastikan bahwa kamu memang benar pemilik akun. Maka dari itu, kamu harus tetap mengisi yang benar dan jangan mengasal.

2. Dengan Nomor HP Sebagai Pemulihan

Selanjutnya kamu bisa menggunakan nomor handphone milikmu agar dapat mengubah kata sandi Gmail-mu. Adapun berikut sejumlah langkah yang harus kamu ikuti:

  • Pertama, akses laman accounts.google.com/signin/recovery.
  • Sampai ketemu laman form baru yang meminta nomor handphone. Isi semua yang diminta seakurat mungkin.
  • Masukkan nomor handphone lalu klik “Send” atau “Kirim“.
  • Lalu cek handphone dan buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat SMS dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.
  • Masukkan kode, lalu “Next” atau “Selanjutnya“. Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik “Next“.
  • Kemudian, akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buatlah kata sandi yang kuat dan mudah diingat.

3. Dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menjawab pertanyaan keamanan yang Google berikan. Ini menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan.

  • Pertama masuk ke halaman Google Recovery. Lalu, masukan alamat Gmail dan akan muncul halaman untuk menuliskan password ama.
  • Kamu bisa skip bagian tersebut dan klik pilihan “Coba Pertanyaan Lain“.
  • Kemudian skip langkah-langkah yang ada, hingga kamu sampai pada halaman dengan perintah untuk menjawab pertanyaan keamanan.
  • Pertanyaan keamanan ini masih berkaitan dengan pertanyaan yang pernah kamu jawab saat membuat sebuah akun Gmail.
  • Selanjutnya, kamu diharuskan untuk memasukkan bulan dan juga tahun saat kamu membuat Gmail tersebut dan klik “Berikutnya” atau “Next“.
  • Setelah memasukkan bulan dan tahun, di halaman selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan password baru. Lalu kamu bisa menggunakan akun Gmail kembali dengan password baru yang sudah kamu buat.

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kata sandi Gmail milikmu. Bagaimana mudah bukan?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru