Makanan Ini Ternyata Kaya Kandungan Omega 3, Apa Saja?

Admin 0 Komentar

Tidak perlu repot-repot mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan kandungan omega 3, pasalnya kamu cukup melahap makanan tertentu.

Indiffs – Tidak perlu repot-repot mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan kandungan omega 3. Pasalnya kamu cukup melahap makanan tertentu supaya kebutuhan asam lemak esensial tersebut dapat terpenuhi.

Omega 3 merupakan rantai esensial dari lemak jenuh ganda yang tidak di produksi oleh tubuh manusia. Kandungan itu jika diasup dapat mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan kardiovaskular, membantu pikiran tetap rileks, menghilangkan stres dan mendukung fungsi otak.

Mengingat omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, kamu disarankan mengasuhnya dari sumber lain. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya omega 3 berikut ini. Ada apa saja?

Kacang Kenari

Kandungan Omega 3

Kacang Kenari – Hello Sehat

Kamu disarankan mengonsumsi 2-3 kacang kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kenari tidak sekedar kaya omega 3, tetapi juga turut menyediakan protein, zat besi dan antioksidan. Jika ingin dimakan, kenari bisa dimasukkan ke dalam salad atau makanan penutup.

Biji Chia

Omega 3

Biji Chia – Alodokter

Chia Seed atau biji chia merupakan salah satu superfood alias makanan super yang wajib dikonsumsi. Biji chia tak hanya mengandung omega 3, namun juga kaya nutrisi lain seperti serat, tembaga, kalsium, protein, magnesium, fosfor dan mangan.

Biji chia bagus untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan jantung. Fakta lainnya yang tak kalah menarik adalah biji chia mudah untuk dikonsumsi karena dapat dipadukan dalam smoothies atau desert.

Kedelai

Omega 3

Kedelai – Kompas.com

Kedelai merupakan makanan kaya kandungan omega 3 yang mengandung protein dan serat. Setengah cangkir kedelai yang dipanggang bahkan disebut mengandung sekitar 671 miligram omega 3. Jumlah tersebut sebenarnya menyediakan hampir 14 gram protein dan 8 gram serat dalam satu porsi. Jika rutin dikonsumsi, kedelai dapat menawarkan manfaat kesehatan lain, seperti menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kepadatan tulang.

Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan Salmon – Orami

Popularitas ikan salmon sebagai salah satu makanan yang kaya omega 3 tidak perlu diragukan lagi. Ikan salmon yang merupakan ikan berminyak juga kaya vitamin D, protein dan fosfor.

Dalam hal ini, sejumlah manfaat bisa dirasakan apabila kamu mengonsumsi ikan salmon. Misalnya dapat mengatasi peningkatan tekanan darah, kesehatan kardiovaskular, sekaligus mengurangi peradangan di tubuh. Manfaat yang sudah disebutkan ternyata juga dianggap baik untuk menurunkan berat badan.

Lentil Merah

Lentil Merah

Lentil Merah – Orami

Sebagai salah satu sumber omega 3, Lentil Merah mempunyai manfaat untuk melangsingkan tubuh. Seperti terungkap dalam studi American Journal of Clinical Nutrition yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2016 yang lalu. Studi mendapati bahwa lentil ‘bersahabat’ bagi orang-orang yang berencana menurunkan berat badan.

Lentil Merah juga mengandung Pati resisten, sumber asesat yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan berlebihan. Kandungan lain yang terdapat dalam lentil, di antaranya vitamin B6, asam pantotenat, serat, protein dan tiamin.

Bayam

Bayam

Bayam – Lifestyle Okezone

Secangkir bayam yang dimasak ternyata mengandung 166 miligram asam lemak omega 3. Sayuran berdaun hijau tersebut juga mempunyai berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat dan kalium.

Menurut penelitian Science Direct, senyawa dalam bayam yang disebut tilakoid, dapat mengurangi rasa lapar. Penelitian juga menyebutkan bahwa bayam memberikan rasa puas dengan cara tidak menginginkan makanan. Dengan begitu, sayuran tersebut bisa dikonsumsi orang-orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru