Makanan Khas Pulau Jawa Paling Terkenal, Menggugah Selera!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dari sekian makanan khas daerah, pulau Jawa inilah yang sangat melegenda dengan masakan yang enak karena di dalamnya yang kaya akan rempah-rempah.

INDIFFS.COM – Pulau Jawa dikenal sebagai tempat yang mendominasi akan tradisi dan budaya nasional Indonesia. Tak hanya itu, Jawa juga di kenal sebagai tempat yang kaya akan rempah-rempah, tak heran jika banyak rempah-rempah yang dikirim dari pulau Jawa. Itulah mengapa banyak wisatawan yang mengunjungi daerah ini hanya ingin mencicipi makanan khas pulau Jawa, karena kaya akan rempah-rempah.

Kelezatan makanan khas pulau Jawa ini, menjadikan ide inspiratif sebagai menu berjualan. Bahkan, banyak pebisnis yang menaikkan derajat kuliner tradisional di mata dunia dan tak kalah bersanding dengan kuliner modern.  Jadi, jika kamu ingin membuka bisnis kuliner, makanan khas pulau Jawa ini layak dipertimbangkan.

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa makanan khas Jawa yang wajib kamu coba:

1. Soto Kudus

Soto Kudus

Soto Kudus – Grid.ID

Berdasarkan nama makanan nya yang berasal dari kudus, Jawa Tengah. Soto kudus merupakan makanan khas yang sangat melegenda, dan kaya akan rempah rempah. Biasanya soto kudus ini disajikan dengan tambahan nasi, mi putih atau soun, tauge, irisan kol, butiran kacang kedelai, taburan daun seledri, dan bawang goreng.

Tak hanya itu, soto kudus yang berbahan utama daging kerbau ini diberi bumbu rempah-rempah, seperti cengkih, kayu manis, kemiri, dan perasan jeruk limau. Itulah mengapa aroma yang di hadirkan begitu menggugah selera.

2. Gudeg

Gudeg

Gudeg – Tjokro Style

Sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nama makanan yang satu ini. Gudeg adalah makanan khas pulau Jawa yang tepat nya khas daerah Yogyakarta. Makanan tradisional ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1956 dan menjadi makanan favorit pada saat itu.

Gudeg ini merupakan olahan buah nangka ini sangat menggugah selera, dan pada umumnya. Gudeg biasanya dihidangkan dengan nasi, telur, tahu, tempe, potongan ayam, serta sambal goreng krecek. Hal ini membuat orang yang mencicipi nya ketagihan, sehingga menjadi makanan yang khas da populer karena cita rasanya.

3. Gado-Gado

Gado-Gado

Gado-Gado – WikiPedia

Bagi masyarakat jakarta mungkin nama gado-gado ini sudah tidak asing lagi. Makanan khas Betawi ini selalu menjadi makanan favorit di daerah jakarta, sesuai nama nya gado-gado yang berarti campur aduk. Dimana campuran tersebut berisikan macam-macam sayuran di dalamnya.

Sekilas gado-gado ini mirip dengan makanan khas Jawa lainnya yang  di lumuri dengan bumbu kacang. Namun, bedanya bumbu kacang gado-gado tidak menggunakan kencur seperti lotek dan pecel. Melainkan tambahan tempe, tahu, kentang, dan telur rebus.

4. Nasi Megono

Nasi Megono

Nasi Megono – Tribun

Makanan khas pulau jawa selanjutnya ialah, nasi megono. Nasi megono merupakan makanan khas Jawa yang tepat nya berada di daerah Pekalongan. Rasa nasi yang beraneka ragam dari mulai manis hingga pedas yang berada pada cita rasa nasi ini. Biasanya nasi ini di lengkapi dengan telur balado yang dicampur dengan menu pelengkap lainnya seperti kerupuk, tempe goreng atau pun ayam goreng.

Sajian kuliner ini merupakan nasi putih yang di atas nya diberi taburan cacahan nangka muda yang di kukus bersama parutan kelapa dan bumbu rempah. Tak hanya itu, sajian bumbu rempah di atas nya memberikan cita rasa yang alami pada nasi ini.

5. Mi Ongklok

Mi Ongklok

Mi Ongklok – Solopos.com

Mi ongklok ini merupakan makanan khas ala daerah Wonosobo, berwarna kecokelatan dan memiliki kuah. Kuah yang bertekstur kental ini, berasal dari campuran tepung kanji. Bumbu nya yang kaya akan rempah-rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, ebi, garam dan gula jawa. Bumbu ini dicampur dengan air dan dikentalkan dengan larutan tepung kanji. Sehingga, menghasilkan kuah yang kental dan gurih.

6. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang – Cookpad

Makanan khas Jawa selanjutnya ialah Nasi Grombyang, ini berasal dari daerah Pemalang, Jawa Tengah yang berarti bergoyang-goyang. Kuliner yang satu ini terbilang unik, karena dalam penyajiannya komposisi kuah yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi nya, sehingga membuat nasi nya terlihat mengapung dan bergoyang-goyang di atas kuah.

Tak hanya itu, dalam pembuatan nasi grombyang ini terbilang rumit karena dilakukan dengan mulai dari memasak daging, mengiris, dan juga membuat menu kaldu dari kluwak, serundeng, serta lemak daging itu sendiri. Kuah nya pun kaya akan rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, daun salam, kemiri, dan lainnya. Sebelum disajikan, makanan itu ditaburi irisan onclang dan bawang merah, membuat sajian ini menggugah selera.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas pulau Jawa yang paling terkenal, dijamin menggugah selera. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru