Makanan Sehat Yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak, Apa Saja?

Wiwin Indriani 0 Komentar

Memilih makanan sehat adalah hal penting untuk menjaga otak tetap dalam kondisi sehat. Berikut makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak

IndiffsOtak adalah organ yang membutuhkan banyak energi. Otak kita menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima sepanjang hari. Itulah alasan penting bagi kita untuk menjaga otak tetap dalam kondisi yang sehat. Organ ini juga membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat. Berikut makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak.

Makanan yang Meningkatkan Kinerja Otak

Memilih makanan yang sehat, menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga otak sehat. Dilansir dari beberapa situs kesehatan seperti hellosehat dan halodoc, berikut makanan yang dapat membantu tingkatkan fungsi otak:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, atau sarden mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA, yang baik untuk kesehatan otak. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, kandungan ini dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

2. Kacang dan biji-bijian

Makan lebih banyak kacang dan biji-bijian baik untuk kesehatan otak, karena mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Kacang dan biji-bijian juga kaya akan antioksidan vitamin E yang melindungi sel dari stres oksidatif akibat radikal bebas. kacang-kacangan yang mengandung jumlah E yang tinggi yaitu seperti kacang almond, biji bunga matahari, kacang hazel dan lain sebagainya.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak. Sebuah studi menyebutkan, bahwa mengkonsumsi satu alpukat dalam sehari dapat meningkatkan fungsi kognitif otak pada orang dewasa yang lebih tua.

Hal ini bisa terjadi karena peningkatan kadar lutein di otak. Lutein itu sendiri merupakan senyawa karotenoid dalam buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan. Tidak hanya itu, alpukat juga diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang sudah terbukti baik untuk otak.

4. Buah beri

Buah jenis beri yaitu strawberry, blueberry, dan blackberry baik untuk kesehatan otak. Banyak buah beri yang mengandung antioksidan flavonoid. Itulah sebabnya beri jadi makanan yang baik untuk otak.

Antioksidan dalam buah beri dapat meningkatkan komunikasi antara sel otak, meningkatkan daya ingat, dan dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

5. Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, brokoli, bok choy dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan makanan yang tinggi akan vitamin E dan K,  dan folat. Vitamin E merupakan vitamin yang baik untuk otak karena bersifat sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara vitamin K telah terbukti dapat membantu mempertajam memori, sedangkan beta karoten memperlambat penurunan fungsi kognitif. Adapun folat dapat mendukung fungsi sistem saraf yang di dalamnya termasuk otak, sumsum tulang belakang, dan sel saraf.

6. Coklat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung kakao, sedangkan kakao mengandung flavonoid sejenis antioksidan. Antioksidan penting untuk kesehatan otak, karena sangat rentan terhadap stres oksidatif. Kondisi ini berkontribusi pada penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak.

Flavonoid baik untuk otak, ia bisa mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam kinerja memori. Flavonoid juga bisa menstimulasi aliran darah di otak.

7. Kunyit

Tak hanya digunakan dalam masakan, kunyit juga dapat memberikan manfaat bagi otak. Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit, sudah terbukti dapat langsung masuk ke otak dan memberikan manfaat bagi sel-sel di sana.

Selain itu, senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang kuat pada kunyit juga memberikan manfaat yang baik untuk otak, yaitu dapat membantu sel-sel otak yang baru tumbuh, meredakan depresi, bermanfaat untuk memori dan lain sebagainya.

8. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan kinerja atau fungsi otak. Makanan ini bisa menjadi makanan baik bagi fungsi otak yang efektif. Mereka adalah sumber dari beberapa vitamin B, seperti vitamin B-6, vitamin B-12, dan asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif

9. Kedelai

Makanan dengan produk kedelai kaya akan kelompok antioksidan tertentu yang disebut polifenol. Penelitian telah mengaitkan polifenol dengan penurunan risiko demensia dan peningkatan kemampuan kognitif dalam proses penuaan.

Produk kedelai mengandung polifenol yang disebut isoflavon, termasuk daidzein dan genistein. Bahan kimia ini bertindak sebagai antioksidan, yang memberikan berbagai manfaat kesehatan ke seluruh tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru