Makna Hari Raya Saraswati 2022, Menghormati Ilmu Pengetahuan

Dini NHaH 0 Komentar

Hari Raya Saraswati merupakan hari perayaan bagi umat Hindu atas turunnya ilmu pengetahuan ke dunia yang dilambangkan dengan penuh makna.

INDIFFS.COM – Seluruh umat Hindu di Indonesia hari ini merayakan Hari Raya Saraswati yang jatuh pada Sabtu Umanis Watugunung, 22 Oktober 2022. Berikut adalah penjelasan dan makna dari atribut yang ada di dalam wujud Dewi Saraswati.

Hari Raya Saraswati merupakan hari perayaan bagi umat Hindu atas turunnya ilmu pengetahuan ke dunia dan dilambangkan dengan sosok Dewi Saraswati. Dewi Saraswati merupakan sakti dari Dewa Brahma, dimana Saraswati terdiri dari 2 suku kata yakni Saras yang berarti mengalir dan Wati yakni sumber pengetahuan serta kebijaksanaan.

Pada esensinya, seluruh umat Hindu di Bali merayakan Hari Saraswati, maknanya sebagai wujud bhakti dan terima kasih kepada Beliau, karena telah menurunkan ilmu pengetahuan untuk bisa lebih mudah menjalani kehidupan ini.

Makna Hari Raya Saraswati

Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok wanita cantik bertangan empat yang masing-masing memegang benda berbeda. Keempat benda tersebut adalah kedua tangan kanannya membawa sitar atau veena dan ganatri, sedangkan kedua tangan kirinya yang satu membawa pustaka atau keropak dan tangan kiri satunya ikut membawa sitar atau veena.

Berikut makna dan simbolnya:

  1. Berkulit putih, bermakna sebagai dasar ilmu pengetahuan (vidya) yang putih, bersih dan suci.
  2. Kitab/pustaka ditangan kiri, bermakna semua bentuk ilmu dan sains yang bersifat sekular. Walaupun vidya (ilmu pengetahuan spiritual) dapat mengarahkan kita ke moshka, tetapi avidya (ilmu pengetahuan sekular jangan diabaikan dahulu).
  3. Veena, bermakna seni, musik, budaya. Juga merupakan simbol keharmonisan pikiran, budi, kehidupan dengan alam lingkungan.
  4. Akshamala/ganatri/tasbih di tangan kanan, bermakna ilmu pengetahuan spiritual itu lebih berarti daripada berbagai sains yang bersifat sekular (di tangan kiri). Namun, bagaimanapun pentingnya kitab-kitab dan ajaran berbagai ilmu pengetahuan, tetapi tanpa penghayatan dan bakti yang tulus, maka semua ajaran ini akan mubazir.
  5. Wajah cantik jelita dan kemerah-merahan, bermakna simbol kebodohan dan kemewahan duniawi yang sangat memukau, tetapi menyesatkan (avidya).
  6. Angsa (Hamsa) melambangkan bisa menyaring air dan memisahkan mana kotoran dan mana yang bisa dimakan, mana yang baik mana yang buruk, walaupun berada di dalam air yang kotor dan keruh maupun lumpur (simbol vidya).
  7. Merak bermakna berbulu indah, cantik dan cemerlang biarpun habitatnya di hutan.
  8. Bunga teratai bermakna bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunga yang indah walaupun hidupnya di atas air yang kotor.

Demikianlah makna mengenai Hari Raya Saraswati, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru