Manfaat Arang Untuk Tanaman, Meningkatkan Kesuburan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Menggunakan arang pada tanaman memiliki banyak manfaat yang tidak terduga, berikut ini merupakan beberapa manfaat arang untuk tanaman.

Indiffs – Mungkin bagi sebagian orang, arang lebih dikenal untuk keperluan memasak atau sebagai bahan bakar. Padahal selain itu, arang juga memiliki segudang manfaat untuk tanaman. Arang yang biasa digunakan adalah jenis arang kayu, arang sekam, arang bubuk kayu, dan arang batok atau tempurung kelapa.

Manfaat Arang Untuk Tanaman

Menggunakan arang pada tanaman memiliki banyak manfaat yang tidak terduga, berikut beberapa manfaat arang untuk tanaman:

1. Mengurangi Kadar Air Dalam Tanah

Ada beberapa tanaman yang tidak bisa tumbuh karena media tanah mengandung banyak air. Untuk mengurangi kadar air tersebut, bisa dengan meletakkan arang di pot tanaman hias. Hal ini dikarenakan arang bisa menyerap air dalam tanah, sehingga akar tanaman terhindar dari bakteri dan pembusukan.

2. Sebagai Ventilasi Udara

Arang termasuk kedalam salah satu bahan yang ramah lingkungan. Udara bisa keluar masuk secara bebas karena arang memiliki jutaan rongga yang halus, sebab arang menjadi tempat berkembangbiaknya mikro-organiseme. Namun, hancurkan terlebih dahulu menjadi beberapa potongan-potongan kecil. Setelah itu dapat dikembalikan lagi ke alam.

3. Kondisioner Tanah

Arang dapat berfungsi sebagai kondisioner tanah yang sangat baik. Berkat kandungan kalium nya yang tinggi, arang dapat digunakan untuk menggantikan kapur dalam campuran aditif tanah. Terlebih lagi, dapat menggunakannya untuk menyelimuti insektisida organik atau gulma, karena dapat membantu mempercantik mulsa dan membawanya pada pH yang optimal, terutama untuk mawar.

4. Menetralkan Pestisida

Perkebunan atau pekarangan yang sudah disemprot pestisida juga rawan memiliki tanah yang menyekap pestisida dalam waktu lama. Untuk menetralkannnya, Anda bisa mencampur 2 sendok makan arang dalam satu ember air, dan siramkan ke area tanah yang kemungkinan besar sudah pernah terpapar pestisida. Namun, arang hanya bisa melunturkan pestisida organik dan bukan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

5. Menyuburkan Tanah

Arang mengandung potasium tinggi yang berfungsi menyuburkan tanah. Dengan meletakkan arang atau serbuknya dalam tanah, maka bisa mengusir hama dan serangga pengganggu tanaman kebun.

6. Melindungi Tanaman Dari Jamur

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa menambahkan arang ke dalam tanah merupakan strategi efektif untuk mengelola dan mengurangi infeksi jamur pada tanaman. Karena arang adalah salah satu cara paling ampuh untuk membunuh mikotoksin yang dihasilkan jamur, sehingga dengan menggunakannya akan mencegah infeksi jamur

7. Adiftif Tanah

Saat dimasukkan ke dalam pot tanah, arang dapat menyerap bau kompos dan kotoran sambil menjaga integritas nutrisi campuran tetap utuh. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa pelet arang ke dalam campuran pot Anda, jika baunya terlalu berlebihan.

8. Menetralkan Herbistida

Senyawa herbisida seringkali memiliki waktu bertahan yang cukup lama di dalam tanah. Senyawa ini cenderung bertahan selama beberapa tahun, bahkan setelah tanaman mati. Hal ini menyebabkan lingkungan pertumbuhan yang tidak menguntungkan untuk tanaman Anda di masa depan.

Tambahkan sedikit arang kayu keras ke tanah sebelum melakukan penanaman apabila Anda ingin menggunakannya pada area yang terkena herbisida Isoxaben atau Oryzalin. Ini akan memiliki tujuan ganda, yaitu untuk mengencerkan herbisida dan mencegah potensi masalah pertumbuhan untuk perkembangan optimal tanaman.

9. Sebagai Penyangga

Media tanam arang bisa memberikan manfaat bagi tanaman sebagai bagian penyangga. Misalnya, media tanam dari arang kayu yang bisa memberikan kekuatan bagi tanaman. Jika terjadi kesalahan pada pemberian unsur hara yang ada di dalam pupuk, arang akan menetralkan hal tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat arang untuk tanaman, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru