Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Admin 0 Komentar

Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks dengan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

indiffsBuah kurma telah melekat sebagai salah satu panganan khas Ramadhan dan oleh-oleh pulang Haji. Kurma mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, dari mulai gula, karbohidrat, protein, kalori, serat pangan bahkan zat besi.

Selama ini, buah kurma bisa menjadi sumber energi, khususnya untuk orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Namun sebenarnya, masih ada lagi manfaat kurma untuk kesehatan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh:

1. Mencukupi Kalori dan Gizi yang Diperlukan Tubuh

Kandungan kalori dalam kurma ternyata lebih tinggi dibandungkan buah kering lain seperti kismis dan buah ara. Sebagian kalori dari kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasaal dari protein. Tak hanya kaya kalori, kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh.

2. Mencegah Konstipasi

Kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, karena mengandung serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99). Serat dalam buah ini dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses. Oleh sebab itu, jika ingin buang air besar lebih lancar, konsumsilah kurma dan buah-buah lainnya.

3. Menstabilkan Gula Darah

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak hanya memaniskan kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan. Kandungan gula dalam kurma bermanfaat untuk mengembalikan gula darah yang sempat drop.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Konsumsi buah kurma juga dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit kronis seperti gangguan jantung, penyakit kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

5. Baik untuk Tulang

Kandungan mineral yang ada di dalamnya menyimpan khasiat untuk kesehatan tulang yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Selain itu, jagalah kesehatan tulang dengan rutin olahraga, berjemur di bawah matahari pagi, dan memenuhi asupan kalsium serta vitamin D lewat makanan bergizi.

6. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Studi menunjukkan bahwa orang yang pola makannya kaya polifenol, mengonsumsi lebih dari 650 mg per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada mereka yang mendapatkan kurang dari 500 mg per hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru