Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesehatan Tulang

Admin 0 Komentar

Buah tin umumnya memiliki kalori rendah dan nutrisinya tersusun atas vitamin dan mineral. Buah tin memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita

Indiffs – Buah tin memiliki rasa manis dan menyegarkan yang berasal dari kandungan gula alaminya, buah ini bisa dimakan secara langsung, dikeringkan, atau diambil ekstraknya. Buah tin umumnya memiliki kalori rendah dan nutrisinya tersusun atas vitamin dan mineral, dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita, apa saja manfaat dari buah tin? simak berikut ini.

Manfaat Buah Tin

Buah tin memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Melansir dari beberapa situs kesehatan, berikut manfaat buah tin bagi kesehatan:

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah tin  berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama jenis kanker usus. Satu buah tin segar mengandung zat antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas. Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa memicu kanker. Tak hanya dari daging buahnya, manfaat buah tin dalam mencegah kanker juga bisa diperoleh dari ekstrak daunnya. Akan tetapi, potensi daun buah tin sebagai agen antikanker masih memerlukan pengujian lebih lanjut.

2. Mengatasi sembelit

Makan buah tin dapat membantu mengatasi sembelit berdasarkan studi dalam salah satu jurnal, Penelitian menggunakan subjek orang yang mengonsumsi sekitar 4 buah tin kering (45 gram) dua kali sehari. Hasilnya, rasa sakit, kembung, dan sembelit berkurang secara signifikan dibandingkan subjek yang tidak mengonsumsi buah tin.

3. Dapat meningkatkan kesehatan tulang

Buah tin kering merupakan sumber kalsium yang baik. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), tubuh manusia membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per hari untuk memenuhi kebutuhan mineral harian. Karena kalsium tidak diproduksi oleh tubuh, asupan kalsium didapatkan dari makanan dan minuman. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan sumber kalsium, seperti buah tin.

4. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan pada ekstrak buah tin juga diduga baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mencegah kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit. Menggunakan krim yang mengandung ekstrak buah tin kering dipercaya dapat mengatasi gejala dermatitis, seperti kulit kering dan gatal.

5. Membantu mengendalikan berat badan

Buah tin adalah sumber serat yang baik. Penelitian telah menemukan bahwa buah tin dapat membantu mengendalikan berat badan karena makanan berserat tinggi memiliki dampak positif. Menurut sebuah penelitian, diet kaya serat seperti buah tin dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan. Makanan dengan serat tinggi membuat seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama sehingga bermanfaat dalam penurunan berat badan.

6. Membantu mengontrol gula darah

Selain penyakit jantung, buah pir juga memiliki potensi untuk mencegah penyakit kronis lain yaitu diabetes. Manfaat buah pir ini diketahui terdapat pada ekstrak daunnya. Studi tahun 2019 dari jurnal Nutrients menunjukKan minuman dengan ekstrak buah tin memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga dapat menjaga kadar gula darah penderita diabetes. Akan tetapi, buah tin yang dikeringkan justru mengandung gula dalam buah yang lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah.

Itulah beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun begitu, tetap tidak baik apabila mengonsumsi buah tin secara berlebihan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru