Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Perut Kenyang Loh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat dari chia seed ini sangat beragam. Tak hanya bisa mengenyangkan perut, ada beberapa manfaat lainnya yang perlu diketahui. Yuk cari tau

Indiffs – Chia seed adalah salah satu tanaman mint. Tanaman ini banyak tumbuh di Negara Meksiko dan Amerika Selatan. Chia seed ini memiliki segudang manfaat, manfaat chia seed hampir mirip dengan kandungan tanaman mint.

Tanaman yang satu ini dikenal luas dengan manfaat dari bijinya sebagai tambahan pada nutrisi untuk diet sehat. Tak hanya bermanfaat untuk diet sehat. Bijinya ini sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Keuntungan dari biji chia ini adalah sumber vitamin, mineral dan antioksidan kuat yang sangat baik. Beberapa dari kandungan antioksidan tersebut adalah seperti asam caffeic, kuersetin, asam klorogenat dan kaempfenol.

Manfaat Chia Seed

Seperti yang diketahui, nutrisi ini dapat membantu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara signifikan. Jika Anda ingin mengetahui apa saja manfaatnya? Yuk langsung saja simak berikut ini:

1. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker. Asam caffeic, antioksidan yang ditemukan dalam biji chia, dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Makan biji chia secara teratur juga dapat membantu mengurangi penanda inflamasi, yang sering menunjukkan adanya penyakit inflamasi.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji chia memiliki beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk magnesium dan fosfor. Satu ons bijinya juga mengandung 18% dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan, yang sangat penting untuk kesehatan tulang, otot dan fungsi saraf. Jika dibandingkan gram demi gram, biji chia memiliki lebih banyak kalsium daripada produk susu.

3. Membuat Perut Cepat Kenyang

Jika Anda mencari tambahan makanan yang akan membantu Anda tetap kenyang, lihat saja biji chia dan kombinasi serat dan protein nya yang kuat. “Baik serat dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui saluran pencernaan daripada karbohidrat olahan, membantu kita merasa kenyang lebih cepat.”

Sebagian besar yang disediakan oleh serat tidak larut dan sifat menahan air dari serat larut juga dapat meningkatkan perasaan kenyang. Kandungan serat juga membantu kadar gula darah Anda tetap baik bahkan setelah makan, energi yang stabil dan lemak diketahui membantu memperpanjang perasaan kenyang jangka panjang.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji chia mengandung quercetin, antioksidan yang dapat mengurangi risiko Anda terkena beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung. Bijinya juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Peningkatan Kadar Gula Darah

Biji chia mengandung serat yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa serat dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa roti yang mengandung biji chia memicu respons gula darah yang lebih rendah daripada roti tradisional, yang membantu mencegah kadar gula darah tinggi.

6. Mengurangi Radikal Bebas

Antioksidan yang ditemukan dalam biji chia dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel. Makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan banyak masalah kesehatan yang terkait dengan radikal bebas, termasuk penyakit jantung, penurunan kognitif dan jenis kanker tertentu.

Cara Mengolah Chia Seed

Coba hari ini: Jika Anda belum pernah makan puding chia, inilah saatnya untuk mencobanya!

  1. Cukup campurkan 1 ons (2 sendok makan atau 28 gram) biji chia dengan 1/2 cangkir (118 mL) susu pilihan Anda. Tambahkan 1 sendok teh sirup maple atau madu jika diinginkan.
  2. Aduk semuanya bersama-sama, pindahkan campuran ke stoples, dan simpan di lemari es selama beberapa jam atau semalam. Taburi puding chia Anda dengan buah segar dan kacang-kacangan atau biji-bijian sebelum dinikmati.
  3. Anda dapat bereksperimen dengan kombinasi rasa seperti selai kacang dan stroberi tumbuk, santan dan mangga, atau bubuk kakao dan pisang.

Dan itulah manfaat chia seed dan cara mengolahnya untuk kesehatan tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru