Manfaat Dan Bahaya Olahraga Malam, Berikut Penjelasannya!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Olahraga malam kerap dilakukan pada sebagian orang yang menginginkan hidup sehat secara teratur dibalik kesibukannya, namun kenali bahayanya!

IndiffsOlahraga kerap sering dialami pada setiap orangnya, ada berbagai macam jenis olah raga yang dilakukan dari olahraga ringan hingga olahraga berat pun dilakukan. Demi hidup yang sehat dan teratur setiap orang mempunyai caranya tersendiri dalam berolahraga kapanpun dan dimana pun. Seperti olah raga di pagi hari sambil menghirup udara yang segar, ini kerap dilakukan pada sebagian orang. Namun ternyata, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga di malam hari karena saking sibuknya aktifitas mereka dari super pagi hingga sore hari, sehingga yang dapat dilakukan mereka ialah olahraga di malam hari demi kesehatan tubuhnya.  Berbicara mengenai olahraga di malam hari ternyata ada berbagai manfaat nya lho,

Berikut Beberapa Manfaat Olahraga Malam:

1. Meningkatkan Performa

Dikutip dari kata data, Sebuah studi 2013 menganalisis partisipan studi dapat berolahraga 20% lebih keras dan lebih lama di malam hari dibandingkan pagi hari. Hal ini disebabkan karena lebih banyak asupan oksigen dan kapasitas anaerobik lebih optimal dibandingkan saat pagi hari.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melansir dari orami, Berlawanan dengan kepercayaan populer, nyatanya olahraga malam hari sebelum tidur tidak selalu mendatangkan masalah saat tidur, selama kita melakukan olahraga ringan, seperti lari atau bersepeda. Faktanya dalam Journal of Sports Medicine disebutkan bahwa olahraga malam hari ringan sebelum tidur dapat meningkatkan tidur gelombang lambat.

Juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dengan membantu orang tertidur lebih cepat, mengurangi insiden terbangun di malam hari, dan meningkatkan durasi tidur. Dan dapat membantu menenangkan kecemasan dan depresi, serta membuat pikiran rileks dalam persiapan untuk tidur. Karena setelah cape berolahraga sehingga menyebabkan tubuh menjadi lelah dan ketika tidur tubuh terasa bebas dan rileks.

Dengan ini manfaat olahraga malam bisa membantu untuk bisa ke tahap tidur terdalam. Kuncinya adalah menghindari aktivitas yang sangat intens atau berat dan menjaga intensitas aktivitas dalam kisaran sedang.

3. Mengurangi Stress

Olahraga malam hari juga dapat dijadikan aktivitas untuk melampiaskan stres yang dialami. ini juga dapat merangsang hormon endorfin yang berdampak positif untuk suasana hati. Olahraga mengurangi stres sehingga membantu tidur lebih nyenyak.

4. Membantu Meredakan Depresi

Olahraga ini terbukti membantu mengatasi depresi lho, dikutip dari kata data menjelaskan menurut publikasi Harvard Health. Pada orang yang mengalami depresi, ahli saraf memperhatikan bahwa hipokampus di otak, wilayah yang membantu mengatur suasana hati, menjadi lebih kecil. Olahraga mendukung pertumbuhan sel saraf di hipokampus dan meningkatkan koneksi sel saraf sehingga membantu meredakan depresi.

Itulah beberapa manfaat olah raga di malam hari, meskipun begitu ternyata ada efek samping yang dialami setelah melakukan aktivitas tersebut lho.

Berikut Beberapa Bahayanya Olahraga Malam:

Namun dibalik manfaat olahraga malam ternyata ada juga bahayanya lho..

1. Olahraga tersebut dapat Mengganggu Waktu Tidur

Aktifitas tersebut dapat mengganggu tidur Olahraga ringan dapat bermanfaat bagi tidur. Namun, melakukan olahraga yang lebih intens, seperti pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), kurang dari satu jam sebelum waktu tidur dapat berdampak negatif pada efisiensi tidur dan menyebabkan bangun lebih sering selama tidur.

2. Lebih sulit untuk Konsisten Berolahraga

Aktivitas tersebut diduga akan seseorang lebih mudah teralihkan dengan hal lain, seperti rencana spontan atau godaan untuk menonton TV. Tapi, rutinitas harian setiap orangnya berbeda-beda. Jika Anda lebih suka olahraga malam hari, Anda dapat membangun konsistensi dengan menjadwalkan latihan dan berpegang teguh pada komitmen Anda.

Namun begitu dibalik bahaya dan manfaat olahraga malam itu tergantung kepada kita yang mengaturnya. Apabila dilakukan secara tidak sehat seperti semaunya ini juga akan sedikit manfaat yang ada pada tubuh. Lakukan juga secara konsisten agar hasil maksimal. Namun alangkah baiknya jika ada waktu di pagi hari, lakukan olah raga di pagi hari sambil menikmati udara segar dan sehatnya cahaya sinar matahari. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru