Manfaat Dark Chocolate Atau Coklat Hitam Bagi Tubuh

Wiwin Indriani 0 Komentar

Meskipun rasanya pahit, dark chocolate memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut manfaat dark chocolate atau coklat hitam

Indiffs – Meskipun rasanya yang pahit, dark chocolate atau coklat hitam memiliki kandungan mineral seperti zat besi, magnesium dan zinc. Apabila kamu suka mengonsumsi coklat hitam dalam jumlah yang bijak, maka akan merasakan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat dark chocolate atau coklat hitam bagi tubuh? simak berikut ini!

1. Memperbaiki mood

Salah satu manfaat dark chocolate yaitu memperbaiki mood. Jika kamu sedang sedih atau mood sedang tidak menentu, coba deh makan sebatang cokelat hitam untuk memperbaiki suasana hatimu. Cokelat hitam mengandung senyawa kimia bernama Phenylethylamine (PEA). Senyawa tersebut dapat memberikan efek positif pada mood dan kesehatan kognitif. Senyawa ini juga menstimulasi otak untuk melepaskan hormon endorphin, sehingga kamu pun akan merasa lebih bahagia setelah makan cokelat.

2. Meredakan stress

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda stres, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, hingga hubungan dengan pasangan. Jika sudah demikian, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil mengonsumsi coklat hitam. Metode ini disebut dengan meditasi cokelat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan coklat hitam dapat meredakan stres, membantu menenangkan rasa cemas, dan memperbaiki mood. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari selama 2 minggu, maka coklat hitam dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga stres pun bisa teratasi.

3. Memelihara kecantikan kulit

Kandungan antioksidan flavonoid pada coklat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit keriput dan penuaan dini. Coklat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam produksi kolagen. Kolagen itu sendiri memiliki fungsi penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit, sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

4. Mengurangi risiko stroke

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi dua batang coklat hitam setiap harinya berisiko lebih kecil terkena stroke. Hal ini jika dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi coklat hitam. Namun, tentu saja upaya mencegah penyakit tersebut harus dilengkapi dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan makan makanan bergizi.

5. Menurunkan risiko diabetes

Cokelat hitam murni yang tidak diberi tambahan apa pun, akan menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Dan juga dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah tetap lancar dan terlindungi dari diabetes tipe 2.

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam coklat hitam mampu mengurangi resistensi insulin. Ia bekerja dengan cara membantu sel-sel agar dapat bekerja dengan baik dan mampu menggunakan insulin dalam tubuh dengan efisien. Dengan begitu risiko terserang diabetes akan menurun.

6. Melindungi kulit dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga bagus untuk kulit. dikarenakan komponen flavonol dalam coklat hitam yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, meningkatkan kepadatan dan cairan dalam kulit, serta melancarkan peredaran darah.

7. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi coklat ditemukan berhubungan dengan indeks massa tubuh dan lemak perut yang lebih rendah. Penelitian lain menemukan manfaat coklat hitam dalam mengendalikan nafsu makan, tetapi penelitian tersebut juga menemukan adanya kenaikan dari kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Oleh karenanya, riset lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat coklat hitam dalam menurunkan berat badan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru