Manfaat Daun Mangkokan Bagi Kesehatan, Jarang Diketahui Loh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat daun mangkokan berasal dari kandungan yang terdapat di daun nya. Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk, simak di bawah ini.

Indiffs – Mangkokan atau daun mangkok merupakan tanaman hias pekarangan dan tanaman obat tradisional yang sangat mudah ditemukan. Manfaat daun mangkokan juga bisa dijadikan obat untuk melancarkan ASI.

Tak hanya itu, daun mangkokan juga mengandung banyak senyawa dan nutrisi. Selain itu terdapat kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, lemak, kalsium, fospor dan besi. Tanaman ini juga memiliki efek farmakologi anti-flamasi peluruh seni dan anti-rontok pada pohonnya.

Manfaat Daun Mangkokan

Daun mangkokan juga sering kali dimanfaatkan pada bagian akar dan daun nya, yang paling dimanfaatkan sebagai tanaman obat-obatan adalah daun nya. Karena, daun mangkokan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Daun mangkokan memiliki efek farmakologis antirontok yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan kandungannya ini bisa menjadi solusi terbaik untuk dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati rambut rontok Anda.

Anda bisa menggunakannya dengan memotong 2 lembar daun mengkokan segar, kecil-kecil dan tambahkan minyak kelapa. Jika sudah, remas-remas semua bahan hingga menyatu. Kemudian ambil sari airnya, lalu usapkan sari air tersebut dan minyak kelapa di permukaan kulit kelapa sambil dipijat-pijat ringan.

2. Mengatasi Bau Keringat

Jika Anda memiliki keluhan dengan bau tak sedap pada badan Anda yang diakibatkan oleh keringat. Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun mangkokan segar dengan 3 gelas air dan rebus sampai mendidih hingga menyisakan dua gelas air.

3. Mengatasi Sariawan

Memiliki sariawan di lidah memang sering mengganggu aktivitas, dikarenakan rasa perih yang dirasakan. Rasa sakit ini bisa dirasakan ketika akan berbicara maupun sedang makan. Jika Anda ingin cepat-cepat pulih dari sakit nya sariawan? Anda bisa menggunakan daun mangkokan sebagai obat alami.

Cara mengolahnya, Anda hanya perlu menumbuk nya hingga halus, kemudian oleskan pada lidah atau bibir yang terkena sariawan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun mangkokan memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu dalam proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit atau kesulitan buang air besar dan kecil.

Anda bisa mengonsumsi nya dengan merebus daun mangkokan atau dimakan sebagai lalapan. Namun, jika Anda lebih suka diolah menjadi masakan, Anda bisa mengolahnya menjadi tumisan sesuai dengan selera Anda.

5. Mengobati Luka

Anda terjatuh dan terluka? Cobalah untuk menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan, lalu di kompres dan juga direkatkan pada bagian tubuh anda yang mengalami luka. Daun mangkokan dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, juga dapat membantu mengeringkan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka Anda, sehingga luka yang Anda alami bisa lebih cepat kering

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat penting lain dari daun mangkokan bagi kesehatan adalah untuk kesehatan mata. Daun mangkokan memiliki kandungan manfaat vitamin A. Vitamin A inilah yang merupakan jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Dengan terjaga nya kesehatan mata, maka anda dapat terhindar dan juga meminimalisir resiko munculnya berbagai macam gangguan pada mata, seperti rabun hingga katarak.

Itulah 6 manfaat daun mangkokan bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru