Manfaat Daun Mangkokan, Salah Satunya Mengatasi Rambut Rontok

Dini NHaH 0 Komentar

Daun mangkokan merupakan tanaman hias yang biasa ditemui di halaman rumah bersama tanaman lainnya yang memiliki khasiat untuk tubuh.

indiffs – Daun Mangkokan merupakan tanaman tropis yang sering dijumpai tumbuh liar di pinggir jalan atau pekarangan rumah, biasanya tanaman ini juga ditanam untuk mempercantik pekarangan rumah. Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama dalam penamaan lokal dan bahasa asing, seperti dalam bahasa Sunda disebut mamanukan, bahasa Makassar dengan mangko-mangko, bahasa Tagalog dengan platitos, dan bahasa Inggris dengan nama saucer leaf.

Daunnya memiliki bentuk yang melengkung mirip seperti mangkok, agak tebal dan berbentuk hati di dasar, dengan tepi bergerigi dan lebarnya 6 sampai 12 cm. Warna daun berwarna hijau, batang berkayu, bercabang, bulat, panjang dan lurus. Memiliki tinggi yang tidak terlalu tinggi sekitar 1,5 sampai 3,5 meter, jika tanaman ini tumbuh liar maka tingginya dapat mencapai 6 meter. Tanaman mangkokan ini mempunyai bunga majemuk yang berbentuk seperti payung, serta memiliki buah buni, pipih, hijau.

Mangkokan dikenal sebagai tanaman berkhasiat peluruh, antiseptik, dan deodoran. Bagian yang dipakai adalah daun dan akarnya, dan juga masih banyak manfaat lainnya dari mangkokan ini.

Salah satu manfaat dari daun mangkokan ini yaitu ampuh atasi rambut rontok dan luka, maka jika kamu ingin mengatasi kerontokan pada rambut atau bahkan mengalami luka pada bagian tubuh kamu maka daun mangkokan adalah salah satu obatnya.

Berikut manfaat daun mangkokan bagi tubuh, diantaranya:

1. Mengobati Luka Luar

Daun mangkokan dapat membantu mempercepat penyembuhan luka luar serta bisa mengeringkan luka, mencegah infeksi. Penggunaannya cukup mudah, pertama ambil beberapa petik daun mangkokan kemudian tumbuk hingga halus, lalu oleskan di atas kulit yang terluka. Oleskan secara rutin sehari tiga kali agar luka cepat kering dan sembuh.

2. Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin D yang terdapat di dalam tanaman ini merupakan salah satu jenis vitamin yang bersamaan dengan fosfor dan juga manfaat kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Untuk kamu yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, dapat juga membantu menambah tinggi badan dan juga mengoptimalkan fungsi serta struktur dari tulang.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Dengan komposisi nutrisi yang cukup banyak seperti kalsium-oksalat, peroksidase, amygdalin, fosfor, besi, lemak, protein, serta vitamin A, B1, dan C, maka tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Caranya adalah dengan dipakai sebagai masker rambut, maka mulailah mencari daun mangkokan yang sudah tua tapi masih segar. Setelah dicuci, kemudian haluskan daun mengkokan dan campur dengan minyak kelapa hingga rata. Lalu saring dan peras. Hasil perasan inilah yang dioleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Biarkan hingga mengering, kemudian cuci sampai bersih. Lakukan metode tersebut secara rutin agar rambut tidak mudah rontok dan rambut bertambah subur.

Demikianlah beberapa manfaat daun mangkokan bagi tubuh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru