Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan Tubuh Dan Cara Penyajiannya

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat hati sapi memiliki nutrisi dan relatif rendah lemak dan mengandung protein tertinggi dan asam amino terbaik. Berikut ulasannya!

IndiffsManfaat hati sapi memiliki nutrisi dan relatif rendah lemak dan mengandung protein tertinggi dan asam amino terbaik. Hati sapi juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin B yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, hati sapi ini sudah dikenal lama sebagai makanan sehat yang bergizi, karena mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung hati sapi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan reproduksi. Jumlah konsumsi hati yang direkomendasikan adalah dalam kisaran 100–250 gram per minggu, tergantung pada usia dan jenis kelamin seseorang. Lantas apa sajakah manfaat hati sapi? berikut ulasannya:

1. Mengurangi Risiko Kekurangan Vitamin A

Orang yang kekurangan vitamin A berisiko lebih tinggi mengalami anemia, diare kronis, dan xerophthalmia (rabun senja). Namun risiko tersebut dapat dikurangi dengan mengonsumsi hati sapi. Satu porsi hati sapi mengandung lebih dari 700 persen asupan vitamin A harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Vitamin A ini berperan penting dalam menjaga fungsi paru, jantung dan ginjal agar berjalan dengan baik, tetapi sebaiknya berhati-hati karena orang yang kekurangan vitamin A mempunyai risiko lebih mengalami diare.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Lain

Zat tembaga dalam hati sapi dapat membantu menghindari kondisi tertentu, termasuk penyakit kardiovaskular dan penyakit alzheimer. Tembaga berperan penting dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

3.Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Manfaat hati sapi yang kaya kandungan vitamin A berikutnya dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Vitamin A penting untuk mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel dalam tubuh. Ada beberapa bukti bahwa peningkatan konsumsi vitamin A pada populasi tertentu dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru dan kanker prostat. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami hubungan tersebut.

4. Sebagai Sumber Protein

Protein ini merupakan komponen yang sangat diperlukan untuk menjalankan berbagai fungsi di tubuh. Selain itu, salah satu jenis asam amino di dalam hati sapi yang bernama arginine disebut dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan threonine, asam amino lainnya penting untuk mempertahankan kesehatan gigi serta mengambil peran dalam produksi kolagen.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata vitamin A tidak hanya bisa didapatkan dari wortel saja, lo! Kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dengan makan hati sapi. Dalam 100 gram hati sapi terkandung vitamin A sebanyak 13,3 mikrogram.

Kandungan vitamin A dalam hati sapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, seperti mengurangi risiko terjadinya mata minus hingga rabun senja. Tidak hanya itu, hati sapi juga mengandung zat besi, zinc, dan tembaga. Ketiga kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan mata.

Cara Penyajian

Cara penyajian hati sapi bisa dengan cara yang dikutip dari SehatQ, sebagai berikut:

Nyatanya, tidak semua orang menyukai tekstur dan rasa ati sapi yang cukup kuat. Kalau Anda penggemar hati sapi, sebaiknya konsumsi secukupnya saja, karena kalori di dalamnya cukup tinggi. Terkadang, Anda bisa mencium rasa besi yang kuat serta pahit pada hati sapi. Hal ini membuat sebagian juru masak merendam hati sapi ke dalam susu terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa pahit.

Kalau terasa alot atau keras, Anda juga bisa merebusnya terlebih dahulu sampai terasa empuk. Baru mengolahnya menjadi menu makanan. Anda bisa mengolah hati sapi menjadi tumisan yang dicampur bawang putih dan bawang bombay, hati sapi cincang, balado, sambal goreng kentang ati, semur, dan lain-lainnya. Jadi, tak hanya berkhasiat untuk tubuh, hati sapi juga menjadi menu yang cocok pada hari Lebaran. Perlu pula diingat bahwa USDA merekomendasikan untuk memasak semua organ termasuk hati sapi, hingga panasnya mencapai 75° C.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru