Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh, No. 6 Impian Wanita!

Dini NHaH 0 Komentar

Meski dapat menimbulak aroma yang menyengat setelah mengonsumsinya, jengkol ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

indiffsJengkol identik dengan bau yang khas. Namun, di balik itu semua, ada beragam manfaat jengkol untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

Jengkol merupakan tanaman yang termasuk ke dalam spesies kacang-kacangan. Tanaman yang memiliki nama latin Archidendron pauciflorum berbentuk seperti spiral, berwarna coklat tua dan memiliki bau yang tidak sedap.

Bau yang kurang sedap ini membuat jengkol kurang diminati untuk dikonsumsi. Selain itu, mengonsumsi jengkol juga membuat pipis menjadi bau. Padahal, di balik aroma yang bau tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Jengkol ternyata mengandung banyak antioksidan yang punya manfaat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Jenis antioksidan yang dimiliki jengkol adalah polifenol, flavonoid, terpenoid, hingga alkaloid.

Zat-zat antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek samping radikal bebas. Radikal bebas diketahui menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular hingga kanker.

2. Mengobati Diabetes

Khasiat lain yang tidak kalah penting dari buah jengkol yaitu dapat mengobati diabetes. Dalam hal ini, jengkol dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

Bukan hanya itu, jengkol juga mengandung gula yang ramah bagi penderita diabetes. Kandungan gula ini dapat diurai dengan mudah dalam tubuh, khususnya bagi penderita diabetes sehingga tidak menimbulkan risiko buruk. Bahkan kandungan jengkol dapat diubah menjadi energi oleh tubuh yang dapat digunakan dalam aktivitas keseharian.

3. Menyehatkan Jantung

Zat antioksidan dalam jengkol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam tubuh, terutama jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh zat antioksidan.

Segala hal yang menghambat aliran darah pada pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung dalam jengkol. Alhasil, peredaran darah akan lebih lancar dan jantung akan berfungsi dengan optimal.

4. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada jengkol cukup banyak sehingga dapat membantu mencegah anemia. Anemia defisiensi besi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hasilnya, kamu akan mengalami berbagai gejala dan keluhan yang tak mengenakan dari kondisi ini.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Secara mengejutkan, jengkol dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi di dalamnya.

Hal ini tentu saja bisa membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi yang semakin kuat. Di samping itu, jengkol juga baik untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

6. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan buang air besar (BAB) sehingga secara tidak langsung membuat perut buncit menjadi langsing. Salah satu penyebab perut buncitnya seseorang adalah karena buang air besar tidak lancar dan tidak teratur.

7. Bisa Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi maksimal ketika asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol dicerna dengan sempurna. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk sesekali mengonsumsi jengkol, supaya perkembangan janin bisa optimal.

Demikianlah beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru