Manfaat Lari Pagi, Bagi Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh

Wiwin Indriani 0 Komentar

Lari pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat lari pagi bisa didapatkan apabila menjalaninya dengan rutin

Indiffs – Udara yang sejuk dan tenang di pagi hari kerap dijadikan banyak orang sebagai waktu yang tepat untuk olahraga, salah satunya lari pagi. Olahraga lari pagi memiliki banyak manfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Manfaat lari pagi bisa kamu dapatkan bila kamu menjalaninya dengan rutin dan konsisten. Simak manfaat lari pagi berikut ini!

1. Menjaga kesehatan paru-paru

Meski merasa lelah, manfaat lari pagi baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kondisi pagi dengan oksigen yang tinggi dan udara masih bersih. Terlebih saat berlari, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan meningkatkan frekuensi napas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen. Hal sederhana ini yang akan membuat paru-paru lebih sehat.

2. Menjaga kesehatan otot

Otot menjadi bagian penting tubuh, yang bila dipacu dengan taraf tertentu dan teratur. Maka akan semakin baik pula untuk meningkatkan kemampuannya.
Saat otot-otot digunakan berlari pagi setiap hari, maka ia akan beradaptasi. Kemudian otot membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak menyimpan cadangan energi, serta lebih kuat dari sebelumnya.

3. Mengurangi kalori tubuh

Lari pagi merupakan salah satu olahraga kardio yang memiliki manfaat dalam membakar banyak kalori. Selain itu, kalori pun tidak akan langsung berhenti terbakar setelah kamu selesai melakukannya. Singkatnya, tubuh kamu sendiri yang akan menjaga berat badan untuk tidak naik drastis jika kamu rutin berolahraga lari. Bagi kamu yang ingin mengecilkan perut serta menurunkan berat badan, lari pagi sangat cocok untuk mu. Namun, ada baiknya kamu juga melakukan olahraga penguat otot untuk buat hasilnya lebih maksimal.

4. Mencegah penyakit kanker

Manfaat lari pagi yang lainnya adalah mencegah penyakit kanker. Untuk kamu ketahui, kardio membuat kerja jantung semakin baik. Jantung jadi bisa memompa darah lebih baik dan buat oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Lalu, semua sel-sel tubuh pun bisa melakukan tugasnya dengan baik. Kamu bisa terhindar dari penyakit mematikan, seperti jantung, obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menuliskan bahwa manfaat lari pagi juga menjauhkan seseorang dari penyakit kanket. Bahkan, saat kamu sudah terjangkit penyakit kanker pun, kamu bisa lebih meningkatkan hidup dengan berlari, pastinya dengan izin dokter.

5. Tulang menjadi lebih kuat dan sehat

Kekuatan dan kesehatan tulang akan terjadi jika selalu dirasankan. Selain dengan rutin mengonsumsi kalsium dan vitamin D, cara lain untuk memelihara tulang yaitu dengan rajin berjalan atau berlari ringan di pagi hari. Tujuan dari lari pagi yaitu untuk merangsang tulang supaya zat besi dalam tulang bisa digunakan.

Tak hanya itu, saat lari pagi tubuh kita juga akan terpapar sinar matahari yang berguna untuk meningkatkan sumber vitamin D alami. Vitamin tersebutlah yang membantu tulang menjadi lebih padat, kokoh, dan sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Missouri juga menyebutkan bahwa kepadatan tulang palari lebih baik dibandingkan dengan pesepeda. Maka dari itu, olahraga lari dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin merawat kesehatan tulang.

6. Mencegah diabetes

Lari pagi ternyata bisa menjadi salah satu cara mencegah risiko diabetes. Perlu diketahui bahwa sel tubuh manusia memerlukan insulin untuk memasok glukosa. Namun ada kalanya sel tersebut tidak bekerja secara optimal. Kondisi tersebut yang membuat makanan menumpuk dalam darah dan lama kelamaan akan memicu munculnya penyakit diabetes melitus.

Agar hal hal itu tidak terjadi, maka kita perlu rutin olahraga. Saat olahraga senstifitas sel terhadap insulin akan meningkat. Dengan demikian, gula dalam darah tetap terkontrol. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lari pagi bisa mengurangi risiko diabetes mencapai 5%

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru