Penyuka Lalapan, Ketahui Manfaat Leunca Untuk Kesehatan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Banyak orang yang belum mengetahui, manfaat lalaban leunca bagi kesehatan tubuh. Ingin mengetahui? Yuk simak ulasan berikut!

INDIFFS.COM – Mungkin masih belum banyak orang yang mengetahui manfaat leunca untuk kesehatan. Karena, leunca bukanlah bahan makanan yang cukup populer. Leunca sering digunakan sebagai lalapan atau bahan pelengkap, terutama pada makanan khas sunda.

Leunca berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau. Leunca yang memiliki julukan latin Solanum Nigrum merupakan salah satu jenis sayuran yang masih termasuk dalam suku terong. Fungsi leunca untuk kesehatan tidak terlepas dari tinggi dan berbagai persentase yang terkandung di dalamnya. Leunca diketahui memiliki kadar berupa vitamin A, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalsium, seng, fosfor, dan lain-lain. 

Manfaat Leunca

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat leunca bagi kesehatan tubuh:

1. Mengobati Sakit Kepala 

Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum. Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Kasus ini bisa muncul secara tiba-tiba atau bertahap. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa di satu sisi, atau bahkan lebih di seluruh kepala.

Sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan utilitas leunca. Leunca dapat membantu untuk meredakan sakit kepala yang mengganggu. Hal ini tak lepas dari takaran analgesik yang bisa meredakan sakit kepala. Di Meksiko, leunca digunakan sebagai obat sakit kepala.

2. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ saluran kemih. Bakteri tersebut dapat menyerang dan menyebabkan infeksi pada ginjal, kandung kemih, dan saluran yang mengalir di antara organ-organ tersebut.

Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Hal ini terjadi karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek. Gejala infeksi saluran kemih antara lain sering buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri saat buang air kecil, urin keruh atau berbau, hingga adanya nanah atau darah dalam urin.

Untuk mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih, kamu bisa menggunakan sayuran leunca. Fungsi leunca untuk kesegaran tidak terlepas dari takaran senyawa antipiretik yang tersedia dalam leunca.

3. Mencegah Kanker

Di dalam leunca terdapat takaran senyawa yang dipercaya dapat menghambat kanker. Senyawa tersebut adalah solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. Keempat senyawa tersebut dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker yang tidak ter-kontrol. Senyawa ini dapat menghambat berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara, leher rahim, lambung, hingga saluran pernapasan.

Tak hanya itu, di dalam leunca juga terdapat persentase vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang ampuh. Antioksidan berperan dalam melawan dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas diyakini menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

4. Mengobati Sakit Demam

Zat antiporek yang tak terhitung yang ada dalam leunca diketahui dapat mengobati demam yang bekerja sama untuk mencegah sintesis dan pelepasan prostaglandi E2. Tak hanya itu, tingginya persentase nutrisi di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi leunca sebagai obat demam alami.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Leunca memiliki kandungan vitamin A, B1 dan c yang dipercaya dapat membantu menjaga kesegaran dan kecantikan kulit. Karena vitamin C yang ada di dalam nya memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yakni seperti kanker dan kerusakan sel kulit. 

Untuk itu, kandungan yang ada dalam leunca, mampu menurunkan kualitas dan kuantitas kulitmu menjadi lebih halus.

6.  Meredakan Kram Akibat Menstruasi

Sakit perut merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Rasa sakit dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau kram menstruasi. Kamu dapat menggunakan leunca untuk menangani kasus ini. Khasiat leunca ini tidak lepas dari persentase antipiretik yang terkandung di dalamnya. Dosis tersebut dapat meredakan nyeri dan banyak terdapat pada obat pereda nyeri.

Leunca juga bisa digunakan untuk meredakan sakit perut. Tak hanya itu, penderita radang sendi juga bisa mengonsumsi leunca untuk mengatasi peradangan dan pegal-pegal di pagi hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru