Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari, Dapat Mencegah Penuaan Dini

Wiwin Indriani 0 Komentar

Minum air hangat di pagi hari memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, karena saat bangun di pagi hari tubuh memerlukan banyak cairan.

Indiffs – Manfaat minum air hangat di pagi hari baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Saat bangun tidur di pagi hari, tubuh memerlukan banyak cairan karena istirahat semalaman. Jika kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi, organ-organ tubuh pun dapat bekerja dengan baik. Berikut penjelasan mengenai manfaat minum air hangat di pagi hari.

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Setelah bangun tidur, ada baiknya jika memulai hari dengan hal-hal baik salah satunya dengan minum air putih hangat. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Pada segelas air hangat dapat menghasilkan uap. Memegang dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam, dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat bahkan meredakan sakit kepala. Karena memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air hangat di pagi hari akan membantu menghangatkan area tersebut. Menurut studi daru NCBI, minum air hangat termasuk teh akan meringankan dengan cepat seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kurangnya cairan dalam tubuh ternyata dapat berakibat buruk bagi kinerja fungsi otak. Artinya, peningkatan suasana hati juga termasuk manfaat minum air hangat setiap hari yang bisa diperoleh. Hal tersebut juga didukung oleh manfaat air hangat yang bisa memberikan efek relaksasi kepada tubuh.

3. Membersihkan Saluran Pencernaan

Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur ternyata bisa membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun penyebab penyakit. Secara alamiah, sebenarnya tubuh akan mengeluarkan racun saat malam hari. Namun dengan bantuan air putih yang diminum saat pagi hari, sisa racun yang tertinggal bisa dikeluarkan. Sehingga dapat membuat tubuh menjadi benar-benar bersih.

4. Cegah Penuaan Dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa dengan mudah membuat proses penuaan terjadi lebih cepat. Saat tubuh menumpuk racun, tubuh pun akan mudah terserang penyakit dan mengalami penuaan. Air hangat bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, minum air hangat di pagi hari juga akan membantu memperbaiki sel kulit sehingga akan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Mengatasi Sembelit

Masalah perut seperti sembelit atau susah buang air besar terjadi ketika seseorang memiliki sedikit atau tidak terjadinya pergerakan di usus. Sering kali, penyebabnya adalah kekurangan air di dalam tubuh. Jika memulai pagi dengan minum air hangat sebelum makan apapun, dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Hal ini akan mengurangi efek sembelit.

6. Meredakan Nyeri Haid

Kebanyakan wanita merasakan nyeri haid (dysmenorrhea) selama masa menstruasi. Dengan meminum segelas air putih hangat mampu menurunkan tingkat rasa sakit yang dialami. Selain itu, gejala kram otot juga dapat diredakan secara perlahan dengan meminum air hangat.

7. Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat setelah bangun tidur akan membantu menurunkan berat badan. Karena, cairan tubuh yang cukup baik untuk sistem pencernaan. Apabila pencernaan lancar, maka penyerapan nutrisi di tubuh pun akan berlangsung lebih baik. Hal ini membuat orang yang minum air putih di pagi hari tidak akan mudah lapar dan mencegahnya terlalu banyak makan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi seseorang yang sedang diet.

Nah itulah beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru