Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Admin 0 Komentar

Minyak kayu putih mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, namun perlu diketahui manfaat dari minyak tersebut.

indiffs – Minyak kayu putih tidak hanya memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, tetapi memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan.

Minyak kayu putih merupakan minyak yang dihasilkan dari pohon kayu putih (Malaleuca leucadendra) melalui proses penyulingan uap. Minyak ini tergolong sebagai minyak atsiri dengan sifat mudah menguap, rasa getir, bau wangi serta umumnya larut dalam pelarut organik.

Minyak kayu putih atau yang mempunyai nama lain cajeput juga digunakan baik sendiri atau dalam kombinasi dengan bahan lain yang tersedia secara komersial antiseptik lotion untuk mengobati sendi sakit (rematik) dan nyeri lainnya. Berikut ini manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan:

1. Meredakan Sakit Kepala dan Hidung Tersumbat

Minyak kayu putih murni bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala dan hidung tersumbat. Gunakan minyak kayu putih sebagai aromaterapi dengan menuangkannya beberapa tetes ke diffuser atau menghirup aroma nya langsung.

2. Meredakan Batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas memiliki kandungan bahan aktif dari minyak kayu putih. Oleskan minyak kayu putih ke dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk dari flu biasa.

3. Melegakan Saluran Pernapasan

Kandungan dekongestan yang ada di dalam minyak kayu putih bisa membantu melegakan saluran pernapasan. Hal ini juga didukung dengan keberadaan senyawa sineol. Kamu tinggal menggosokkan ke dada atau leher, atau menghirup uap nya secara langsung dengan meneteskan ke air hangat.

4. Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin

Perut kembung merupakan suatu kondisi dimana munculnya rasa tidak nyaman di dalam perut. Orang yang mengalami perut kembung umumnya merasa perutnya terasa menjadi buncit, kencang, penuh, dan memiliki banyak gas.

Sensasi hangat yang dimiliki minyak kayu putih sangat ampuh untuk meredakan perut kembung. Selain itu, masyarakat di Indonesia juga sering memakai minyak kayu putih untuk membantu meredakan masuk angin.

5. Meredakan Nyeri Sendi

Memiliki masalah pada nyeri sendi dan pegal-pegal memang tidak menyenangkan. Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan asteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalpytus.

Alih-alih mengonsumsi obat, lebih baik gunakan kayu putih yang juga memiliki kandungan serupa. Minyak kayu putih memiliki eucalyptus dan sineol yang bisa menghangatkan persendian.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru