Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Mengatasi Stres!

Dini NHaH 0 Komentar

Petai memiliki aroma yang tajam, namun jadi idola sebagian masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

indiffs – Di balik aroma dan rasanya yang khas, ada beragam manfaat petai untuk kesehatan tubuh kamu. Selain dapat membantu mengontrol kurang darah, petai juga dipercaya mampu menyehatkan jantung dan saluran pencernaan.

Petai tergolong sebagai sayuran yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional di beberapa negara. Masyarakat Indonesia pun cukup akrab dengan petai sebagai lalapan atau pelengkap hidangan.

Petai yang dijuluki sebagai stink bean atau bitter bean juga dapat meninggalkan aroma tajam pada urine dan gas yang dikeluarkan oleh tubuh. Di samping itu, petai diketahui menjadi komoditas asli tanah air yang telah mencapai pasar internasional, lho.

Mengandung banyak nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh, ini manfaat petai untuk kesehatan.

1. Anemia dan Tekanan Darah

Petai sarat dengan zat besi, yang dapat mudah mendorong pembentukan hemoglobin di dalam darah yang membantu kasus anemia. Selain itu, petai mengandung banyak potasium tapi lebih rendah garam.

2. Menambah Stamina

Petai mengandung tiga unsur gula yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Selain itu, petai juga kaya akan serat. Berdasarkan riset petai bisa meghasilkan cukup energi instan selama 90 menit.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan dan Lambung

Manfaat petai mentah dapat membantu pengobatan gangguan pencernaan seperti maag. Petai dapat digunakan sebagai asupan untuk membantu merawat pencernaan, sebab teksturnya yang lembut dan halus.

Bahkan, petai diyakini berfungsi membantu menetralkan asam lambung serta perih pada perut. Ini juga dapat mengurangi iritasi karena zat yang terkandung pada petai melapisi lambung. Senyawa antasida pada petai juga bermanfaat untuk mengurangi rasa panas di dada saat kamu makan berlebihan atau kekenyangan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Memompa darah ke seluruh tubuh guna menunjang kelangsungan hidup menjadi salah satu fungsi vital dari organ jantung. Jantung sebagai organ vital dalam tubuh manusia penting untuk dijaga kesehatannya.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam petai diketahui memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin C pada petai memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, antioksidan pada buah ini juga berperan penting untuk menangkal radikal bebas pada tubuh yang berisiko meningkatkan penyakit kardiovaskuler.

6. Stres

Kalium merupakan mineral penting yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh manusia.

Saat cemas, laju metabolisme meningkat, yang membuat kadar kalium menurun. Petai mengandung kalium yang lumayan tinggi, sehingga efek petai ini dapat mengimbangi rasa stres.

7. Antiradang dan Antikanker

Petai diketahui memiliki aroma mirip belerang dengan kandungan tioprolin atau asam thiazolidine karboksilat. Menariknya, kandungan tioprolin pada petai teruji efektif sebagai agen anti kanker.

Demikianlah beberapa manfaat petai bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru