Manfaat Sholat Tasbih Bagi yang Mengamalkannya Menurut Hadits

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sholat tasbih sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ada sejumlah keistimewaan dan manfaat sholat tasbih bagi yang melaksanakannya.

INDIFFS.COM – Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang didalamnya banyak mengandung bacaan tasbih. Sholat ini juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tak heran jika ada sejumlah keistimewaan dan manfaat sholat tasbih bagi yang melaksanakannya.

Manfaat Sholat Tasbih

Berikut ini adalah keistimewaan serta manfaat sholat tasbih berdasarkan hadist:

1. Menghapus Dosa

Manfaat sholat tasbih selanjutnya ialah menghapus dosa. Baik dosa yang tidak disengaja atau yang disengaja dan 10 macam dosa lainnya. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Abu Dawud berikut,

من قال: سبحان اللهِ وبحمدِه، في يومٍ مائةَ مرَّةٍ، حُطَّت خطاياه وإن كانت مثلَ زبدِ البحرِ

“Jika umat muslim menjalankan salat tasbih maka Allah mengampuni dosa-dosanya baik dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, serta 10 macam dosa lainnya.”

2. Memberatkan Timbangan Amal Baik di Akhirat

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih pertama adalah memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Ibadah yang kita amalkan selama ini sudah pasti akan di hisab di akhirat kelak. Jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik Anda akan diberatkan. Rasulullah SAW bersabda,

كلِمتان خفيفتان على اللِّسانِ، ثَقيلتان في الميزانِ، حبيبتان إلى الرَّحمنِ: سبحان اللهِ العظيمِ، سبحان اللهِ وبحمدِه

“Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Terhindar dari Kesedihan dan Penyakit

Suatu kali Qabishah al-Makhariq mendatangi Rasulullah dan berkata:

 أَتَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلى اللهُ عَليهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : « يَا قبيصةُ مَا جَاءَ بِكَ ؟ قُلْتُ : كَبِرَتْ سِنِّي ، وَرَقَّ عَظْمِي فَأَتَيْتُكَ لِتُعَلِّمَنِي مَا يَنْفَعَنِي اللهُ تَعَالى بِهِ ِ، فَقَالَ : « يَا قبيصَةُ مَا مَرَرْتَ بِحَجَرٍ وَلا شَجَرٍ وَلا مَدَرٍ إِلا اِسْتَغْفَرَ لَكَ ، يَا قبيصةُ إِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقٌلْ ثَلاثاً : سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ ، تُعَافَ مِنْ الْعَمي وَالْجُذَامِ وَالْفَلَجِ

“Wahai Rasulullah ajarkan aku beberapa kalimat atau ucapan yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku karena sungguh umur ku sudah tua dan aku merasa lemah untuk melakukan apapun. Lalu Rasulullah berkata jika engkau membacanya maka akan engkau terhindar dari kesedihan, penyakit biasa, lumpuh akibat Pendarahan otak atau stroke.” (HR. Ibu Sunni dan Ahmad)

4. Punya Perkebunan Kurma di Surga Nanti

Manfaat sholat tasbih yang lainnya adalah mempunyai tabungan berupa kebun kurma di surga. Sebagaimana perkebunan di dunia, pemilik perkebunan di surga juga bisa memperoleh manfaatnya dengan memetik buah yang ada di surga, yaitu buah kurma. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

مَن قال: سبحان الله العظيم وبحمده، غرست له نخلة في الجنة

“Barangsiapa yang mengucapkan: ‘Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga.” (HR Tirmidzi)

5. Tasbih Merupakan Kalimat Terbaik yang dipilih Allah

Berikut ini dijelaskan dalam hadist Riwayat Muslim,

إن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل: أيُّ الكلام أفضل؟ قال:((ما اصطفى الله لملائكته أو لعباده: سبحان الله وبحمده))

“Suatu hari Rasulullah ditanya apakah ucapan yang paling unggul? Rasulullah menjawab:‘Yang dipilih Allah SWT terhadap para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan: Subhanallahi wa bihamdihi.” (HR Muslim)

6. Senjata Menghadapi Persoalan Besar

Dalam hadist riwayat at-Tirmidzi dijelaskan, “Diriwayatkan dari Abu Hurayrah, bahwa jika Rasulullah menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit sambil mengucapkan Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan Ya hayyu ya qoyyum.” (HR. at-Tirmidzi)

Nah, itu dia manfaat sholat tasbih berdasarkan hadits nya bagi seseorang yang melaksanakannya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru