Manfaat Temulawak Untuk Wajah, Bisa Bikin Glowing Alami!

Hannii 0 Komentar

Manfaat temulawak untuk wajah pun kini mulai populer. Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari temulawak sebagai skincare?

Indiffs – Temulawak tak hanya dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuat jamu, tapi juga bisa digunakan menjadi skincare. Ya, manfaat temulawak untuk wajah pun kini mulai populer.

Dikutip dari Healthline, temulawak mengandung bahan aktif kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian ilmiah modern menemukan adanya potensi manfaat temulawak untuk kesehatan kulit.

Kamu dapat merasakan manfaat temulawak untuk wajah dengan menggunakan produk yang mengandung bahan tersebut. Bunda juga bisa mencampur ekstrak temulawak dengan bahan rumahan lainnya, seperti madu, susu atau minyak kelapa.

Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari temulawak sebagai skincare? Berikut ulasannya:

Kandungan Pada Temulawak

Temulawak atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza merupakan salah satu jenis tanaman dari Zingiberaceae atau Temu-temuan. Bila dilihat sekilas, temulawak mirip dengan kunyit. Memiliki bentuk yang mirip, ternyata mereka juga memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama. Ya, baik temulawak maupun kunyit sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Pada temulawak memiliki kandungan utama kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifenol. Kemudian temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organic seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol, dan borneol.

Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium, dan magnesium. Nah, berkat semua senyawa yang ada tersebut, maka tak heran kalau temulawak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Temulawak

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat temulawak untuk wajah ialah mampu mengatasi jerawat membandel. Jerawat adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicu dari jerawat amatlah beragam, mulai dari hormon, kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah dan masih banyak lagi. Untuk sebagian orang munculnya jerawat ini sangat meresahkan lantaran selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga amat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan temulawak, sebab ini dipercaya memiliki efek anti-inflamasi guna meredakan peradangan jerawat dan juga membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Kamu bisa mendapatkan manfaat temulawak untuk wajah dengan melakukan perawatan wajah dengan menjadikannya masker.

2. Membuat Kulit Wajah Glowing Alami

Temulawak mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi, yang dapat memberikan efek glowing pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat coba membuat sendiri masker dari bahan temulawak. Campur sedikit Greek yoghurt, madu, dan temulawak, lalu oleskan ke wajah. Diamkan masker selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Melembapkan Kulit

Kulit wajah yang kering dapat membuat wajah kamu jadi terlihat lebih kusam. Untuk membantu mengatasi kulit kering, kamu dapat menggunakan ekstrak temulawak. Gunakan masker temulawak yang terdiri dari ekstrak temulawak dan susu. Ini akan membantu membuat kulit jadi lebih lembut, terhidrasi dan tampak lebih sehat.

4. Anti-aging

Salah satu manfaat temulawak untuk wajah yakni melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah tanda-tanda awal penuaan. Ketika minyak alami kulit semakin berkurang, elastisitasnya akan berkurang, muncul garis-garis halus dan kerutan. Tanda-tanda penuaan dini ini biasanya mulai terlihat di leher, dahi, dan di sekitar area mata.

Senyawa aktif dalam temulawak memiliki sifat antioksidan kuat yang mencegah produksi radikal bebas, sehingga mengontrol penuaan dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Untuk menyiapkan masker anti-aging di rumah, campurkan masing-masing satu sendok teh bubuk temulawak, susu, dan madu sampai menjadi pasta. Oleskan pasta pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Biarkan masker menempel di wajah Bunda selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Meredakan Eksim

Temulawak juga bermanfaat untuk meredakan keluhan dari masalah kulit yang sering kambuh, termasuk seperti psoriasis, rosacea dan eksim. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya bekerja sangat baik dalam mengobati kondisi kulit seperti ini. Bahan ini mampu membantu menenangkan kulit yang sedang meradang dan iritasi. Campurkan ekstrak temulawak dan minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang sedang iritasi.

6. Menyamarkan Noda Hitam

Flek hitam atau noda hitam yang biasanya muncul di wajah disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena paparan matahari, radikal bebas, bekas jerawat, hingga gejala penuaan dini. Noda hitam ini bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya temulawak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru