Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh, Kenali Lebih Jauh Yuk!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat dari vitamin A memang sudah tak diragukan lagi, pasalnya vitamin A sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh kita.

INDIFFS.COM – Vitamin A adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam tubuh kita. Maka dari itu manfaat vitamin A ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, perkembangan janin dan penglihatan.

Meskipun vitamin A sering dianggap sebagai nutrisi tunggal, itu benar-benar sekelompok senyawa yang larut dalam lemak, termasuk retinol, retina dan ester retinil. Preformed vitamin A, retinol dan ester retinil terjadi secara eksklusif pada produk hewani seperti susu, hati dan ikan.

Sedangkan karotenoid provitamin A berlimpah dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran dan minyak. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, kekebalan tubuh dan organ yang berfungsi dengan baik. 

Manfaat Vitamin A

Berikut adalah beberapa manfaat vitamin A yang didukung untuk menjaga kesehatan tubuh dalam sehari-hari:

1. Membantu Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dibutuhkan oleh sistem kekebalan untuk menumbuhkan, memelihara, dan memperkuat epitel dan jaringan mukosa yang melapisi sebagian besar organ kita. Jaringan ini merupakan garis pertahanan pertama tubuh melawan patogen dan bagian penting dari respon imun bawaan tubuh terhadap infeksi.

Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan untuk mencegah sel menjadi rusak dalam proses yang dikenal sebagai stres oksidatif. Kerusakan sel yang terus menerus akibat stres oksidatif dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan kehilangan penglihatan.

2. Penting untuk Kesuburan dan Perkembangan Janin

Vitamin A sangat penting untuk reproduksi pria dan wanita, karena dapat berperan dalam perkembangan sperma dan sel telur. Hal ini juga penting untuk kesehatan plasenta, perkembangan dan pemeliharaan jaringan janin serta pertumbuhan janin.

Oleh karena itu, vitamin A merupakan bagian integrai dari kesehatan ibu hamil dan bayinya yang sedang berkembang, serta yang sedang berusaha untuk hamil.

3. Mendukung Fungsi Organ

Jumlah vitamin A yang normal dapat membantu fungsi jantung, paru-paru dan ginjal. Karena vitamin A dapat mendorong pertumbuhan sel dan jaringan yang sehat. Pasalnya, vitamin A memainkan peran integral dalam pengembangan dan pematangan jaringan paru-paru, sehingga dapat meningkatkan fungsi paru-paru secara menyeluruh.

Tinjauan yang sama dapat menemukan bahwa kekurangan vitamin A ini dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan masalah paru-paru seperti asma dan infeksi pernapasan.

4. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Vitamin A adalah nutrisi yang sangat penting untuk kulit, karena dapat bertindak sebagai antioksidan dan mendukung proses regenerasi kulit. Versi kulit sehatnya yang paling terkenal adalah retinol, retinol ini adalah turunan vitamin A yang diterapkan pada epidermis akan meningkatkan pergantian sel kulit, kerataan, kehalusan dam vitalitas.

5. Dapat Melindungi Tubuh dari Kanker

Vitamin A memiliki sifat antioksidan, buah dan sayuran yang kata karotenoid dapat melindungi dari jenis kanker tertentu. Kandungan ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti sel kanker kandung kemih, payudara dan ovarium.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti disebutkan di atas, vitamin A sangat penting untuk penglihatan dan kesehatan mata. Pasalnya, asupan vitamin A yang cukup dari makanan membantu melindungi terhadap penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD). Kadar beta karoten, alfa karoten, dan beta cryptoxanthin dalam darah yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko AMD hingga 25%.

Pengurangan risiko ini terkait dengan perlindungan nutrisi karotenoid dari jaringan makula dengan menurunkan tingkat stres oksidatif.

Itulah beberapa manfaat vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh kita yang tak usah diragukan lagi, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru