Manfaat Wudhu Sebelum Tidur, Sangat Dianjurkan Bagi Muslim!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Wudhu sebelum tidur sangat dianjurkan bagi semua umat muslim. Karena, banyak sekali keutamaan dan manfaat dalam sunnah tersebut.

IndiffsWudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Hal ini berkaitan dengan seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan shalat. Tidak hanya itu, wudhu juga bisa dilakukan sebelum tidur bahkan sangat dianjurkan lho bagi seluruh umat muslim. Karena, terdapat banyak sekali manfaat atau keutamaan yang terkandung dalam sunnah wudhu sebelum tidur. Berikut manfaat wudhu sebelum tidur:

1. Didoakan oleh Malaikat

Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Hibban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, “Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci”. (HR. Ibnu Hibban & Ibnu Umar r.a)”

2. Diampuni Dosanya

Setiap muslim yang berwudhu maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya. Selain itu, wudhu sebelum tidur juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Maukah kalian aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?” Para sahabat menjawab, ‘Tentu, ya Rasulullah.’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat. Maka itulah yang disebut dengan ar-Ribath.” (HR. Muslim)

3. Mengangkat Derajat Di Sisi Allah

Dengan berwudhu sebelum tidur kita akan mengangkat derajat seseorang di sisi Allah. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya. Para sahabat berkata: ‘Tentu, wahai Rasulullah.’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ‘Menyempurnakan wudhu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu sholat setelah sholat, maka itulah yang disebut dengan ar-Ribath.” (HR Muslim)

4. Mempermudah Terkabulnya Doa

Berwudhu juga memiliki keutamaan dapat mempermudah terkabulnya doa dan permintaan. Salah satunya harus menjaga kesucian karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. Dalam riwayat sahabat Mu’adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang Muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.”

5. Wajah Berseri-seri

Manfaat wudhu sebelum tidur lainnya yaitu wajah akan terlihat berseri-seri. Setiap muslim yang terbiasa berwudhu, akan memberikan bekas pada wajah dan tangannya. Bahkan di hari kiamat nanti, orang yang senantiasa berwudhu wajahnya akan terlihat terang. Rasulullah SAW sendiri menyarankan untuk melebihi tubuh yang dibasuh ketika berwudhu, supaya di hari kiamat nanti terlihat berseri-seri. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut, artinya:

“Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah!,” (HR. Ahmad).

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru