Mari Berzakat! ini Cara Menghitung Zakat Mal Beserta Contohnya

Admin 0 Komentar

Mulailah berzakat, Berikut contoh Cara Menghitung Kalkulator Zakat Mal atau harta dan Contoh soal menghitung zakat mal. penghasilan & Emas

INDIFFS.COM – Sebentar lagi memasuki hari raya idul Fitri. Tak hanya zakat fitrah, kita juga perlu tahu bagaimana cara menghitung zakat mal. Zakat mal merupakan zakat yang harus dibayar seorang muslim ketika hartanya telah mencapai Nishab.

Disebutkan nishab (Batas minimum). Yakni setara dengan 85 gram emas yang dia miliki selama 1 tahun atau 12 bulan.

Dikutip dari situs Baznas., Zakat maal yang dimaksud dalam perhitungan ini adalah zakat yang dikenakan atas uang, emas, surat berharga, dan aset yang disewakan. Tidak termasuk harta pertanian, pertambangan, dan lain-lain yang diatur dalam UU No.23/2011 tentang pengelolaan zakat. Zakat maal harus sudah mencapai nishab (batas minimum) dan terbebas dari hutang serta kepemilikan telah mencapai 1 tahun (haul).

Nishab zakat maal sebesar 85 gram emas. Kadar zakatnya senilai 2,5%. Standar harga emas yang digunakan untuk 1 gram nya adalah Rp938.099,-. Sementara nishab yang digunakan adalah sebesar 85 gram emas.

Contoh: Kamu memiliki kekayaan berupa uang dan emas senilai Rp. 100 Juta. Nilai tersebut sudah memenuhi nisab. Jadi, Rp100.000.000 x 2,5 % = Rp. 2.500.000. Adapun, cara menghitung zakat penghasilan dapat dilakukan dengan mengalikan 2,5 persen dengan jumlah penghasilan dalam 1 bulan.

Contohnya apabila penghasilannya Rp 10 juta per bulan maka cara menghitungnya sebagai berikut, 2,5% x Rp 10.000.000 = Rp 250.000 per bulan Untuk lebih mempermudah dan mengatasi kekeliruan dalam perhitungan zakat Mal, berikut ini situs resmi BAZNAS https://baznas.go.id/kalkulatorzakat yang dapat jadi acuan Kalkulator Zakat.

Kalkulator zakat ini merupakan layanan untuk mempermudah perhitungan Jumlah zakat yang harus ditunaikan oleh setiap umat muslim sesuai ketetapan syariat.

Mari Mulailah berzakat, Sebab Setiap harta yang dimiliki tidaklah sentuhnya dimiliki seseorang, karena terdapat hak orang lain di dalam harta tersebut yang harus dikeluarkan. Maka, mulailah sadarkan diri untuk berzakat agar harta yang dimiliki menjadi bersih dan hidup penuh dengan keberkahan.

Demikianlah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai cara menghitung zakat mal, Mohon maaf bila ada kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan maupun penyampaian. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a’lam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru