Mengenal 5 Makanan Khas Jawa Barat Yang Jarang Diketahui

Admin 0 Komentar

Makanan khas Jawa Barat Diperkenalkan Oleh Masyarakat Secara Turun-Temurun & Olahan Kuliner Ini Ada Ciri Khas Dengan Beragam Rasa Yang Gurih

Indiffs -Keanekaragaman makanan khas Jawa Barat tak pernah lepas dari dinamis masyarakat Sunda yang mendominasi wilayah tersebut. Makanan khas ini berkembang dan diperkenalkan dalam masyarakat secara turun-temurun dan olahan kuliner Jawa Barat memiliki ciri khas rasa gurih, asin, asam, manis, dan pedas. Banyak makanan khas Jawa Barat yang menjadi ikon wisata dan menonjolkan citra Jawa Barat.

Selain kaya akan wisata yang dapat memanjakan mata, Jawa Barat juga terkenal akan keanekaragaman kuliner nya. Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas Jawa Barat yang tidak boleh lewatkan saat berkunjung ke sini.

1. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi Timbel – GoFood

Nasi timbel merupakan menu masakan Sunda lengkap karena mengandung sayuran mentah hingga saus terasi. Terkadang, nasi timbel dibakar hingga aroma daun pisang semakin kuat dan menciptakan sensasi tersendiri. Hidangan tradisional khas Jawa Barat ini di olahan secara sederhana, terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga empuk. Nasi timbel jarang dimakan sendiri, biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, sayuran, sup, atau sambal.

2. Empal Gentong

Empal Gentong

Empal Gentong – Sukabumi Update

Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat Cirebon. Sup ini dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahan empal gentong merupakan kombinasi daging sapi, kemiri, kunyit, pala, santan, bawang merah, bawang putih, kecap manis, cengkeh, serai, daun jeruk purut. Dan cara pembuatan empal gentong diawali dengan daging yang direbus hingga daging menjadi empuk dan mulai hancur. Sebelum disajikan, empal gentong dihiasi dengan daun bawang (kuchai) sehingga memberikan rasa tambahan pada empal gentong.

3. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang- Digstraksi

Nasi jamblang ini merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang berasal dari salah satu desa di Cirebon yakni Desa Jamblang, karena itulah makanan ini disebut nasi jamblang. Kuliner ini awalnya disajikan untuk para pekerja paksa yang membangun Jalan Pos Besar dari Anyer hingga Panarukan, melewati Kabupaten Cirebon pada zaman pemerintahan Belanda.

Nasi jamblang yang dibungkus dengan daun jati dan biasanya dilengkapi dengan lauk pauk yang disajikan secara perasmanan seperti telur dadar, tahu, tempe, semur tahu, ayam, perkedel, sate kentang, telur puyuh, semur hati, telur goreng, semur ikan, sambal goreng dan lainnya.

4. Growolan

Growolan

Growolan – Star Glam Cirebon

Growolan ini salah satu makanan kuliner Jawa Barat yang terbuat dari olahan geprek singkong yang sudah dihaluskan dan dijemur sampai kering lalu di beri parutan kelapa. Kata growolan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gumpalan atau kumpulan.

Memiliki tekstur yang agak kasar dan warna kecokelatan yang berasal dari proses penjemuran gaplek dan rasa nya cukup gurih namun biasanya penjual menyediakan gula merah atau gula aren yang sudah dicairkan untuk menambah rasa manis sehingga growolan menjadi lebih sedap untuk disantap. Selain itu juga, makanan ini disajikan dengan wadah daun pisang yang dibentuk seperti mangkok.

5. Colenak

Colenak

Colenak – The Asian Parent

Penamaan makanan ini merupakan lakuran dari kata dalam bahasa sunda yakni Dicocol Enak. Kandungan gula dalam tapai membuat makanan tersebut mudah gosong walaupun demikian bagi beberapa orang, hal ini merupakan bagian terenak. Makanan ini dikenal juga dengan sebutan tape bakar, dibakar dan sicocol pada gula merah cair yang dicampurkan dengan serutan kelapa membuat rasa semakin nikmat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru