Mengenal 7 Manfaat Shea Butter Untuk Kulit, Krim Ajaib Dari Afrika

Admin 0 Komentar

Manfaat dan kandungan Shea Butter yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit, terlebih shea butter sering digunakan pada produk kecantikan.

INDIFFS.COM – Mungkin banyak orang yang jarang mengetahui apa saja manfaat Shea Butter untuk kulit. Pasalnya Shea Butter ini sering digunakan pada produk mandi, pembersih, makeup, lipstik, perawatan rambut, dan lotion.

Meskipun memiliki harga yang cukup lumayan, namun kandungan di dalamnya memiliki banyak nutrisi, apalagi ini sangat baik untuk perawatan kulit.

Terlebih, Shea butter ini telah digunakan sebagai bahan kosmetik selama berabad-abad. Jelas konsentrasi vitamin dan asam lemaknya yang tinggi, hingga menjadikannya produk yang sesuai untuk menghaluskan, menenangkan, dan menutrisi kulit.

Sebenarnya Shea butter ini merupakan lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh luas di Afrika Barat. Dimana kacang ini melalui beberapa proses yang dihancurkan, direbus, dan dimanipulasi untuk mengekstrak lemak berwarna terang, hingga disebut dengan Shea Butter.

Kandungan Shea Butter

Adapun yang menjadikan shea butter ini menjadi salah satu unggulan komposisi produk kecantikan ialah karena kandungannya yang mampu menuntiri kulit.

Tak hanya itu di dalam shea butter ini memiliki kanduang zat antiradang, antijamur, dan antioksidan. Tentunya ini baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain itu, ada beberapa kandungan lain yang dipercaya mampu manutrisi kulit, diantaranta:

  • Vitamin A dan E
  • Asam lemak esensial
  • Zat triterpen, tokoferol, fenol, dan sterol
  • Lemak trigliserida
  • Cetyl ester.

Manfaat Shea Butter untuk Kulit

Jelas dapat dilihat dari kandungannya yang mampu menutrisi kulit. Namun, lebih dari pada itu terdapat beberapa manfaat lain yang akan di dapatkan.

1. Mampu Melembapkan Kulit

Manfaat yang pertama ialah ialah mampu melembapkan kulit. Dimana manfaat ini akan di dapatkan karena kanduangan lemak kacang shea yang terdiri dari asam linoleat, stearat, oleat, dan palmitat.

Tak hanya itu, kandunga lemak di dalamnya dapat melembutkan serta mengunci kelembapan pada kulit, sehingga tetap terhidrasi dalam waktu yang cukup lama.

2. Mengatasi Luka Bakar Ringan

Lagi-lagi karena kandungan kemak di dalamnya, seperti sunburn, mampu mengatasi kulit yang terkena luka bakar ringan. Terlebih, komponen antiradang pada shea butter inilah yang dipercaya dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

3. Melindungi dari Kulit Berminyak

Kandungan asam inoleat dan asam oleat tinggi inilah yang tidak akan menjadikan kulit berminyak. Selain itu, Kedua asam tersebut saling mampu menyeimbangkan. Sehingga shea butter ini bisa diserap dengan sempurna dan tidak akan meninggalkan minyak berlebih pada permukaan kulit.

4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat selanjutnya ialah memapu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, kanudngan di dalamnya yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit kering. Terlebih shea butter ini memiliki kandungan SPF sehingga dapat digunakan sebagai tambahan tabir surya.

5. Mengandung Anti Bakteri

Lagi-lagi kandungan didalamnya yang mampu melindungi dari penyebaran bakteri pada kulit. Bahkan, Shea butter ini sering disebut juga mampou membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Ada sebuah penelitian yang diuji coba ke hewan pada tahun 2012, ekstrak kulit pohon Shea dapat menurunkan aktivitas mikroba karena mengandung zat antibakteri.

6. Menunda Penuaan Dini

Kandungan vitamin A dan E dalam shea butter ini dapat membantu proses regenerasi kulit dengan merangsang pembentukan sel kulit baru. Sehingga ini dapat menghilangkan kerutan pada kulit yang merupakan tanda penuaan dini.

Tak hanya itu, shea butter juga mampu mencegah penuaan dini karena kandungan triterpen di dalamnya yang bisa mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Mengurangi Stretch Marks dan Keloid

Terlebih karena Kandungan vitamin A dan E pada shea butter diketahui dapat melembapkan sekaligus mengembalikan elastisitas kulit. Sehingga kandungan tersebut dapat membantu mencegah dan mengurangi stretch marks.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan asam lemak esensial pada shea butter dapat menghidrasi kulit sekaligus mengurangi pertumbuhan keloid.

8. Mengandung Anti Jamur

Pohon Shea yang dipercaya memiliki kandungan sifat anti jamur dan mampu mengatasi masalah kulit akibat infeksi jamur. Untuk itu, Shea butter dipercaya sebagian orang dapat melawan jamur yang menyebabkan kurap dan kutu air. Tentunya shea butter juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering.

Demikian beberapa manfaat serta kandungan shea butter yang tentunya sangat baik dan bagus untuk kulit. Itulah mengapa shea butter ini dijual dengan harga yang cukup lumayan mahal.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru