Mengenal Apa Itu Burn Out, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Burn out merupakan kondisi kelelahan mental ataupun fisik, yang sering dialami pada seseorang yang mengalami stress berlebih.

Indiffs – Istilah burn out ini kerap sekali terjadi pada sebagian orang, dimana dapat diartikan sebagai kelelahan dalam kondisi fisik maupun mental. Burn out ini sering dialami oleh siapa saja, baik itu pelajar, ibu rumah tangga, atau pekerja. Akan tetapi, burn out ini jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan stress yang berlebih. Maka dari itu untuk mengetahui apa itu born out, ciri-ciri dan bagaimana cara mengatasinya, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Burn Out?

Burn out adalah kondisi kelelahan secara emosional, fisik, dan mental sekaligus yang disebabkan oleh stress berlebihan. Keadaan ini sering dipicu oleh pekerjaan, entah karena terlalu memaksakan diri, kurang apresiasi, beban kerja terlalu berat, aktivitas yang monoton atau berulang. Tak hanya itu, burnout juga seringkali disebabkan karena sakit hati, perasaan frustasi, putus asa dan kehilangan motivasi.

Ciri Ciri Seseorang yang Mengalami Burn Out

Kenali ciri ciri berikut, bisa jadi kamu yang mengalaminya.

  • Mudah Marah

Biasanya seseorang yang mengalami burn out akan mudah marah, baik dihadapan rekan kerja ataupun anggota keluarganya. Tentunya hal ini disebabkan karena rencana yang diharapkan tidak berjalan lancar, sehingga memicu terjadinya emosi dan mudah marah.

  • Jauh dari Bahagia

Ciri selanjutnya seseorang yang mengalami burn out ialah jauh dari bahagia. Jelas karena stress yang terjadi sehingga menyulitkan seseorang untuk mendapatkan energi positif dari teman atau sekitarnya, hal ini menyebabkan sulit untuk berbahagia.

  • Tidak Lagi Produktif dalam Bekerja

Kondisi selanjutnya jika seseorang yang mengalami burn out ialah tidak lagi produktif dalam bekerja, hal ini juga dapat menurunkan semangat dalam kreatifitas kegiatan kamu. Ketika seseorang yang rajin tiba-tiba menjadi sering menunda pekerjaannya dan ini juga cenderung untuk menghindari tanggung jawabnya.

  • Merasa Lelah Terus Menerus

Seseorang yang mengalami burn out kan merasakan lelah secara terus menerus hal ini di sebabkan karena, turunnya semangat akibat terlalu lelah dalam kondisi fisik ataupun mental.

  • Tidak Konsentrasi

Stress yang menjadi seseorang tidak mampu untuk konsentrasi, terutama dalam pekerjaan. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kondisi psikis mental yang menurun, akibat nya seseorang tidak dapat berkonsentrasi dengan benar.

  • Sulit Untuk Mengambil Keputusan

Selanjutnya seseorang yang mengalami burn out cenderung sulit untuk mengambil keputusan, hal ini disebabkan karena kondisinya yang lelah dan pikiran tidak sedang baik baik saja, sedangkan untuk mengambil keputusan di perlukan pikiran yang jernih dan berhati hati.

Cara Mengatasi Burn Out

Berikut cara mengatasi burnout dan sebaiknya dilakukan untuk menghindarinya:

  • Buat Prioritas

Upaya yang harus dilakukan untuk bisa mengatasi dan menghindari burnout ialah dengan membuat prioritas Dengan adanya prioritas yang kamu buat, kamu bisa melakukan pekerjaan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu agar tidak mudah terkuras energi yang dapat menyebabkan kondisi lelah berlebih.

  • Kelilingi Diri Dengan Energi Positif

“Menerima energi positif dari orang lain adalah pengalaman yang menggembirakan, demikian juga dengan mengekspresikan energi positif tersebut kepada orang lain” kata Leiter yang di kutip dari Kemenkeu. Maka dari itu cara yang tepat untuk menghindari burnout ini dengan berkumpul orang terdekat yang dapat memberikan energi positif serta dukungan yang baik untuk kamu dan ini akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat.

  • Menjaga Keseimbangan Hidup

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menjaga keseimbangan hidup, lakukan istirahat yang cukup serta membagi waktu luang untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

  • Menjaga Pola Hidup Sehat

Untuk menjaga agar diri kamu tetap sehat dan bersemangat, pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, serta makan makanan kaya akan kandungannya ini membuat suasana hati lebih baik.

  • Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Memang tidak semua orang dapat melakukannya, karena kesibukan seseorang sehingga tidak bisa memberikan waktu luang untuk menghibur diri. Akan tetapi dengan meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, hal ini dapat mengurangi stress agar tidak menumpuk.

Nah itulah pembahasan mengenai bornout, ciri-ciri, dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru