Mengenal Apa Itu Judge Serta Tips Untuk Menghindarinya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Perlu diketahui setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan ini menjadikan keunikan tersendiri, maka jangan mudah men judge orang lain.

Indiffs – Mungkin kalian pernah mendengar istilah ‘judge‘ yang kerap sekali menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia di media sosial. Kata judge ini sering dibarengi dengan kata larangan ‘jangan men-judge seseorang’, Lantas apa sih sebenarnya judge itu?

Apa Itu Judge?

Jugde merupakan kata bahasa inggris yang artinya hakim, namun dalam konteks ini judge tidak bisa di katakan sebagai hakim saja. Kata judge sendiri mengandung arti menghakimi atau bisa dibilang dengan suatu keadaan dimana seseorang menilai orang lain dengan sebelah mata. 

Jelas, tentunya ini menjadi perbincangan yang menjadi trending topik saat ada seseorang yang di pojokan oleh orang lain. Kata judge juga bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya saja kita mendengar dari gosip seseorang lalu muncul tanggapan-tanggapan orang lain berdasarkan sudut pandang yang berbeda.

Akan tetapi, perlu diperhatikan dan disadari bahwa Tuhan menciptakan manusia yang berbeda-beda dengan pola pikir serta sudut pandang yang berbeda. Perbedaan ini lah yang membuat kita unik terhadap satu sama lain. Apabila sikap men-judge atau menghakimi seseorang tetap ada di dalam diri ini sama saja dengan tidak menghargai sudut pandang orang lain. Sederhananya, judge merupakan salah satu perilaku buruk yang seharusnya tidak dimiliki oleh manusia.

Tips Menghindari Judge

Ikuti tips berikut, agar terhindar dari sifat mudah menghakimi orang lain:

  • Selalu Berpikir Positif

Cara pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan berpikir positif terhadap seseorang agar tidak mudah menghakimi seseorang begitu saja. Dengan berpikir positif juga termasuk ke dalam orang yang selalu berprasangka baik, sehingga tidak akan muncul sikap membenci orang lain.

  • Tidak Semua Orang Itu Sama

Perlu di sadari bahwa setiap orang itu tidak sama, dan kita juga tidak bisa men-judge seseorang begitu saja karena perbedaan yang dialami. Tentunya hal ini perlu di tegaskan dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam pertemanan.

  • Lebih Baik Diam Jika Tidak Tahu Sebenarnya

Kebanyakan sikap men-judge orang lain karena mereka asal-asalan dalam berbicara dan tidak diketahui pasti, serta membiarkan ucapannya menjadi liar begitu saja. Apalagi, jika kita hanya mendengar dari pihak lain tanpa melihat sendiri atau memastikan nya ke pihak bersangkutan. Jadi apabila tidak mengetahui fakta yang sebenarnya, lebih baik diam tanpa perlu mengomentari hal buruk apalagi berpikiran negatif.

  • Belajar Menerima Sudut Pandang Orang Lain

Memang setiap orang memiliki perbedaan dan perlu kita pelajari bahwa menerima sudut pandang seseorang dengan baik, bisa membuat kita menerima dalam berbagai keadaan dan menjauhkan untuk berpikiran negatif kepada seseorang.

  • Percaya Bahwa Setiap Orang Mempunyai Prinsip

Percaya bahwa setiap orang memiliki prinsip masing-masing dan kamu tidak perlu menghakimi dalam hal itu, fokus saja terhadap prinsip kamu dan biarkan perbedaan menjadi keunikan tersendiri seseorang.

Nah itulah pembahasan mengenai judge serta tips untuk menghindarinya, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru