Mengenal Hubbul Jah: Pengertian, Dampak Dan Cara Menghindari

Wiwin Indriani 0 Komentar

Hubbul jah adalah salah satu dari sifat mazmumah yaitu sifat keji yang dibenci Allah SWT. Berikut pengertian, dampak dan cara menghindarinya

INDIFFS.COM – Cinta kemegahan atau hubbul jah adalah salah satu dari sifat mazmumah yaitu sifat-sifat keji yang dibenci Allah SWT. Perasaan menginginkan keagungan dan kebesaran membuat perbuatan seseorang tidak ikhlas karena Allah. Simak berikut penjelasan lebih lanjut terkait hubbul Jah.

Pengertian

Hubbul Jah berasal dari bahasa Arab yang artinya yaitu kemegahan. Mengejar kemegahan dunia, kemewahan, pangkat, kedudukan, dan lain sebagainya. Sifat ini merupakan sifat yang buruk dan dilarang Allah SWT.

Sifat hubbul jah letaknya di dalam hati. Ia akan menghapuskan atau menggantikan rasa ikhlas yang sepatutnya ada ketika melakukan ibadah dan amal kebaikan yang lain. Ibadah atau amal kebaikan yang dilakukan dengan niat untuk mendapat kemegahan adalah tertolak dan tidak diterima Allah. Hal ini karena hati yang penuh hubbul jah akan mengikis rasa keikhlasan karena Allah semata ketika melakukan perbuatan baik.

Orang yang memiliki sifat ini melupakan akhirat karena sibuk bekerja hanya untuk kehidupan duniawi. Sedangkan tujuan hidup di dunia ini adalah mencari bekal akhirat sebanyak-banyaknya sebelum kita dipanggil pulang kepada-Nya.

Akhirat adalah tempat yang permanen sedangkan dunia ini hanya sementara. Orang yang mencintai kemegahan duniawi akan kehilangan, karena yang megah akan hilang ketika dia meninggal dan tidak bisa dibawa ke akhirat.

Adapun hal-hal yang menjadikan kemegahan manusia yaitu berikut ini:

  1. Kekayaan dan kemewahan hidup.
  2. Kecantikan dan kehebatan fisikal tubuh.
  3. Kemasyhuran nama.
  4. Memiliki pangkat dan darjat dalam masyarakat.
  5. Kepandaian dan tinggi.
  6. Amalan-amalan ibadah seperti haji, solat, sedekah dan sebagainya.

Dampak

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Qasas ayat 83:

تِلْكَ الدَّارُ الْاٰخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِيْنَ لَا يُرِيْدُوْنَ عُلُوًّا فِى الْاَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۗوَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Negeri akhirat itu Kami jadikan bagi orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu bagi orang-orang yang bertakwa.”

Adapun dampak dari perilaku hubbul jah di antaranya berikut ini:

  • Kecenderungan hati kepada duniawi.
  • Membuat lupa akhirat.
  • Tidak sabar ketika disakiti.
  • Takut hilang kemegahannya.
  • Sering terjadi kekerasan, kecurangan, penipuan dalam mencari dan mempertahankan kemegahan.
  • Menyebabkan Takabur, congkak dll.

Cara Menghindari

Berikut ini adalah cara menghindari perilaku hubbul jah yaitu:

  1. Mengetahui bahwa kesombongan membawa kehancuran hidup seseorang di dunia secepat ada orang yang iri dan mengkhianatinya.
  2. Ketahui bahwa kemegahan ketika bersarang di hati sulit untuk dihilangkan.
  3. Mengetahui bahwa kesombongan tidak akan bertahan lama, karena itu akan mati dan orang yang dia banggakan juga akan mati.
  4. Selalu berdzikir kepada Allah SWT.
  5. Beribadah ikhlas karena Allah.

Nah, itulah penjelasan mengenai maksiat batin hubbul jah meliput pengertian, dampak dan cara menghindarinya. Semoga kita semua dapat terhindar dari sifat seperti ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru