Mengenal Istilah Visioner Beserta Dengan Ciri-Cirinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

sikap visioner seringkali dijadikan sebagai acuan ketika memilih seorang pemimpin. Berikut ini arti dari istilah visioner dan ciri-cirinya

INDIFFS.COM – Istilah visioner seringkali dikaitkan dengan gaya kepemimpinan yang mampu membuat keputusan tepat dan mewujudkan organisasi lebih baik dimasa depan. Tak heran, jika sikap ini seringkali dijadikan sebagai acuan ketika memilih seorang pemimpin. Lantas, apa yang dimaksud dengan visioner? Simak penjelasan berikut ini yang dilansir dari beberapa sumber.

Arti Visioner

Visioner merupakan sebuah cara pandang yang dimiliki seseorang. Menurut KBBI, visioner adalah orang yang memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan. Dalam penjelasan lain juga diartikan bahwa visioner adalah sebuah istilah yang mengacu pada seorang individu dengan visi yang kuat untuk masa depannya. Secara sederhana, yang dimaksud dengan visioner adalah kemampuan atau skill dalam memanfaatkan peluang yang mungkin terjadi di masa depan.

Seseorang visioner memiliki strategi yang tepat untuk langkah kedepannya. Selain itu, ia mampu melihat segala potensi organisasi atau perusahaan yang mungkin tidak mampu dilihat atau disadari oleh orang lain. Kemudian, setelah mengetahui potensi atau peluang yang mungkin terjadi di masa depan tersebut, orang yang visioner akan langsung melahirkan berbagai ide yang mampu meningkatkan kemampuan organisasi atau perusahaan dalam persaingan dengan para kompetitornya.

Singkatnya, gaya kepemimpinan seorang visioner mampu menciptakan, merumuskan, mengomunikasikan, mensosialisasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya sendiri atau dari interaksi sosial di antara anggota organisasi lainnya. Dari hal-hal tersebut, ia diyakini dapat meraih cita-cita organisasi atau perusahaan di masa depan.

Karakteristik Orang Visioner

Orang visioner gemar menetapkan langkah-langkah konkret untuk mewujudkan sebuah visi dan memimpin tim yang memiliki pandangan serupa. Nah, berikut ini karakteristik yang seringkali ditunjukan sesorang visioner:

1. Bertanggung Jawab

Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan bagian dari seorang visioner. Setiap langkah yang diambil dan cara-cara yang dilakukannya untuk mewujudkan sesuatu pasti disertai dengan rasa tanggung jawab yang tinggi di dalam dirinya.

Saat mendapatkan sebuah tantangan, mereka akan memberikan tanggung jawabnya dengan penuh terhadap apa yang akan ia kerjakan. Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan ide atau gagasan yang sudah direncanakan sejak awal agar dapat berjalan dengan lancar.

2. Tegas

Karakteristik yang menekankan bahwa seseorang memiliki sifat ini adalah tegas. Ia takkan ragu untuk mengungkapkan perasaan bila memang hasil yang didapatkan dirasa kurang memuaskan. Meskipun begitu, ia tidak pernah menyerah. Bahkan, ketika menjadi sulit dan penuh tekanan pun ia akan mencoba sebisa mungkin untuk menemukan jalan keluar terbaik.

3. Berani Mengambil Resiko

Setiap mengambil sebuah keputusan, pasti ada resiko dibaliknya. Begitupun, ketika membuat sebuah ide-ide atau gagasan. Resiko akan selalu ada dibalik ide atau gagasan yang akan dibuat. Seseorang yang bervisioner akan selalu berani mengambil segala kemungkinan dan resiko yang akan terjadi. Hal itu karena setiap perubahan yang dilakukan tentu memiliki resiko yang harus selalu diterima.

4. Optimis

Terkadang, seseorang yang visioner akan menganggap bahwa semua gagasan dan ide yang sudah dibuat akan berjalan dengan lancar, semua masalah akan dilalui dengan baik. Hal itu yang membuatnya menjadi optimis secara otomatis. Namun, rasa optimis ini bukanlah sesuatu yang buruk. Perasaan optimis yang dimiliki dapat tertular kepada lingkungan sekitar sehingga sama-sama bisa menjadi optimis.

5. Konsisten

Konsisten adalah sebuah sikap tidak berubah-ubah dan tetap pada apa yang sedang dikerjakan. Melalui konsisten yang kuat, maka segala gagasan dan ide-ide yang sudah dibuat akan jauh terasa lebih ringan. Sikap konsisten ini adalah salah satu sikap yang dimiliki oleh orang-orang visioner.

6. Jujur

Seorang yang bervisioner akan mengedepankan sebuah kejujuran. Ia akan bersikap seperti apa yang ia katakan. Serta berpegang teguh pada yang sudah diucapkan. Berkata dengan jujur serta bersikap apa adanya adalah bentuk dari penjelasan, bahwa ia adalah orang yang selalu terbuka.

7. Memiliki Tekad yang Tinggi

Pemilik sikap visioner biasanya adalah seorang individu yang tangguh dan memiliki tekad tinggi. Ia tidak mudah terinstimidasi oleh keadaan yang menekan. Bahkan, ia siap melawan kebijakan yang sudah tidak lagi fungsional.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru