Mengenal K-329 Belgorod, Kapal Selam Terpanjang Milik Rusia!

Hani Hnsa 0 Komentar

Angkatan Laut Rusia telah menerima pengiriman kapal selam baru ter-panjang di dunia bernama K-329 Belgorod di pelabuhan Severodvinsk.

Indiffs – Angkatan Laut Rusia telah menerima pengiriman kapal selam baru ter-panjang di dunia bernama K-329 Belgorod di pelabuhan Severodvinsk pekan ini. Kapal selam ini telah diserahkan awal Juli oleh Sevmash Shipyard, produsen kapal terbesar di negara itu.

Para ahli mengatakan desain Belgorod merupakan versi modifikasi dari kapal selam rudal kelas Oscar II Rusia. Bedanya Belgorod dibuat lebih panjang dengan tujuan untuk mengakomodasi torpedo dan peralatan siluman bersenjata nuklir pertama di dunia.

Dengan ketinggian lebih dari 184 meter (608 kaki), Belgorod adalah kapal selam terpanjang di lautan saat ini. Bahkan ini lebih panjang dari kapal selam balistik dan peluru kendali kelas Ohio milik Angkatan Laut AS, yang berukuran 171 meter (569 kaki).

Sebelumnya, Belgorod mulai diapungkan di laut pada 2019 dan rencananya diserahkan ke Angkatan Laut Rusia pada 2020 setelah melaksanakan berbagai uji coba. Namun, rencana itu tertunda karena pandemi Covid-19. Hingga akhirnya, Belgorod resmi diserahkan ke Angkatan Laut Rusia pada awal bulan ini.

Misi Belgorod

Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan bahwa kapal selam Belgorod akan membawa torpedo berkemampuan nuklir Poseidon yang saat ini masih dikembangkan. Poseidon dirancang untuk diluncurkan dari jarak ratusan kilometer dan dan menyelinap melewati pertahanan pantai dengan menyusuri dasar laut.

Pakar kapal selam dari AS, HI Sutton, menulis di situs web Covert Shores pada Februari bahwa Poseidon merupakan torpedo nuklir raksasa yang unik dalam sejarah dunia. Dia menuturkan, kehadiran Poseidon akan membuat perencanaan pertahanan di Barat harus disusun ulang, bahkan perlu membuat senjata penangkis yang baru.

Sutton menulis pada 2019 bahwa Poseidon diperkirakan berdiameter 2 meter dan panjang lebih dari 20 meter. Dia menambahkan, Poseidon adalah torpedo terbesar yang pernah dikembangkan di negara mana pun, 30 kali ukuran torpedo kelas berat biasanya.

Beberapa pejabat AS dan Rusia mengatakan, Poseidon dapat membawa hulu ledak beberapa megaton, menyebabkan gelombang radioaktif yang menyebabkan petak garis pantai target tidak dapat dihuni selama beberapa dekade.

Pada November 2020, seorang pejabat AS, Christopher A Ford menuturkan bahwa Poseidon dirancang untuk membanjiri kota-kota pesisir AS dengan “tsunami radioaktif”. Ford menjabat sebagai Asisten Khusus Presiden AS serta Direktur Senior Senjata Pemusnah Massal dan Kontrap roliferasi di Dewan Keamanan Nasional.

Laporan dari US Congressional Research Service (CRS) pada April menyebutkan, Poseidon dimaksudkan sebagai senjata balasan, yang dirancang untuk menyerang balik jika Rusia diserang senjata nuklir. Menurut laporan CRS, kapal selam Belgorod akan mampu membawa hingga delapan torpedo Poseidon. Namun beberapa ahli senjata menyebutkan, kapal selam Belgorod “hanya”mampu membawa enam torpedo Poseidon.

Fakta Belgorod

1. Angkut Torpedo Berkemampuan Nuklir

Belgorod disebut akan membawa torpedo berkemampuan nuklir Poseidon yang sedang di kembangkan. Meski di klaim hanya mampu mengangkut enam torpedo, para ahli yakin Belgorod bisa membawa delapan torpedo Poseidon. Torpedo itu dirancang untuk diluncurkan dari jarak ratusan mil dan menyelip melewati pertahanan pantai dengan melakukan perjalanan di sepanjang dasar laut.

Mega torpedo’ nuklir ini unik dalam sejarah dunia,” tulis pakar kapal selam Amerika H.I. Sutton di situs web Covert Shores.

Ia mengatakan, Poseidon adalah kategori senjata yang benar-benar baru. “Ini akan membentuk kembali perencanaan angkatan laut di Rusia dan Barat, yang mengarah pada persyaratan baru dan senjata balasan baru,” sambung Sutton.

Pejabat AS dan Rusia mengatakan bahwa torpedo dapat mengirimkan hulu ledak beberapa megaton, menyebabkan gelombang radioaktif yang akan membuat petak garis pantai target tidak dapat dihuni selama beberapa dekade.

Sutton mengatakan, Proseidon, yang diperkirakan berdiameter 2 meter dan panjang lebih dari 20 meter, adalah torpedo terbesar yang pernah dikembangkan di negara mana pun.

itu tiga puluh kali ukuran torpedo ‘kelas barat’ biasa,” ujar Sutton.

2. Mampu Bertahan 120 Hari di dalam Air

Dilansir dari Military Factory, Belgorod dapat bertahan hingga 120 hari, tergantung penyimpanan dan persediaan makanan di kapal. Dengan reaktor nuklir kembar, kapal selam ini memiliki daya jangkauan yang tidak terbatas. Selain itu, kecepatan maksimal nya di laut bisa mencapai 32 knot.

3. Kapal Selam Terpanjang di Dunia

Belgorod memiliki panjang 184 meter dan menjadi kapal selam terpanjang di dunia. Para ahli mengatakan, desain Belgorod merupakan versi modifikasi kapal selam rudal kelas Oscar II Rusia. Bedanya, Belgorod dibuat lebih panjang dengan tujuan untuk mengakomodasi torpedo siluman bersenjata nuklir pertama di dunia dan peralatan intelijen.

Dalam rilis berita awal bulan ini, pembuat kapal Rusia menyoroti kemampuan non-mematikan Belgorod. Mereka mengatakan hal itu membuka peluang baru bagi Rusia untuk melakukan ekspedisi ilmiah dan operasi penyelamatan di daerah paling terpencil di lautan dunia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru