Mengenal Tanda PCOS Pada Wanita, Jangan Sampai Dibiarkan!

Admin 0 Komentar

Tanda atau ciri Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) pada wanita bisa dikenali dari haid tidak normal hingga susah hamil. Yuk kenali lebih dalam!

INDIFFS.COM – Mengenal tanda dari PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Wanita dengan PCOS mungkin memiliki periode haid yang jarang atau berkepanjangan dan memiliki kelebihan kadar hormon laki-laki yakni androgen.

Polycystic Ovary Syndrome adalah kondisi melibatkan ketidakseimbangan hormon antrogen dan masalah metabolisme. Penelitian yang memperkirakan jika PCOS mempengaruhi 5-13% wanita usia subur, tetapi bisa diobati. Problem ini banyak didapati banyak wanita, oleh sebab itu baik adanya jika mengetahui dan mengenal tanda dari Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) pada wanita lebih dini. 

Tanda- Tanda PCOS

Penyebab PCOS berasal dari hormon yang tidak seimbang. Kondisinya menyebabkan kista kecil-kecil tumbuh di ovarium atau indung telur. Untuk mengetahui jelasnya, simak tanda Polycystic Ovary Syndrome berikut ini:

  1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur.
  2. Pertumbuhan Rambut Pada Wajah dan Tubuh yang Berlebihan (Hirsutisme).
  3. Menambahnya Berat Badan.
  4. Perut Buncit Tanpa Sebab.
  5. Tumbuhnya Kutil di Beberapa Bagian Tubuh.
  6. Susah Mendapatkan Anak (Hamil).
  7. Jerawat Tak Kunjung Sembuh dan Wajah Berminyak.
  8. Sakit Kepala.
  9. Penggelapan Kulit Berbentuk Lipatan Tubuh.
  10. Rambut Menjadi Lebih Tipis dan Rontok.
  11. Sulit Tidur.
  12. Sering Merasa Lelah Sepanjang Waktu.
  13. Terdapat Kista Ovarium yang Banyak.

Selain itu ada beberapa tanda masalah ini segera untuk mengunjungi dokter. PCOS dapat diagnosa melalui tingginya kadar antrogen pada tubuh, hingga terdapat kista pada ovarium. Segera datangi dokter kesehatan terdekat untuk penanganan tepat. Terutama jika sudah merasakan beberapa hal ini:

  1. Memiliki gejala diabetes, memiliki rasa haus atau lapar berlebih.
  2. Penglihatan kabur dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  3. Melewatkan menstruasi dan tidak hamil.
  4. Mencoba hamil 12 bulan tetapi belum berhasil.
  5. Mempunyai gejala PCOS.

Cara Mendeteksi PCOS

Tidak semua tanda diatas bisa menjabarkan petunjuk wanita terkena penyakit PCOS. Untuk mendeteksi PCOS, wanita harus melakukan pemeriksaan fisik indeks massa tubuh hingga lingkat pinggang. Dokter juga akan memeriksa kulit, apakah ada tidak nya jerawat berlebih, kutil, perubahan warna, sampai rambut. Dokter menyarankan wanita menjalani pemeriksaan panggul, USG panggul atau sonogram, serta tes darah untuk melihat kadar hormon. Serangkaian tes dan pemeriksaan kesehatan tersebut biasanya dianjurkan dokter apabila ada lebih dari dua ciri-ciri PCOS pada wanita di atas.

Demikianlah beberapa tanda nya yang dapat kita kenali sebelum terlambat. Jika memang sudah merasa aneh dengan tubuh. Sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter agar tidak terjadi hal yang tidak mengenakkan. Semoga dapat membantu ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru