Mengenal Ular Titanoboa, Hewan Raksasa yang Sudah Punah!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ular Titanoboa ini merupakan hewan predator yang sangat menyeramkan, akan tetapi hewan ini sudah punah sejak 60 juta tahun yang lalu.

IndiffsUlar merupakan salah satu hewan yang jenis reptil, yang tidak memiliki kaki dan bergerak menggunakan perutnya serta kebanyakan hewan reptil ini berkembang biak dengan cara bertelur. Terdapat bermacam-macam jenis ular, dari mulai ular yang memiliki ukuran kecil hingga ukuran besar. Berbicara mengenai ular yang memiliki ukuran besar, ular Titanoboa ini menjadi salah satunya.

Ular Titanoboa

Berikut ada beberapa fakta mengenai ular yang satu ini:

Nama Titanoboa

Titanoboa sebenarnya besrasal dari bahasa yunani yaitu Titan yang artinya dewa penguasa bumi dan Boa berasal dari nama latin yang berarti untuk ular besar.

Habitat Ular Titanoboa

Mungkin sebagian dari kamu juga kerap kari bertanya, lantas dimana hewan ini hidup? Jawabannya, hewan ini hidup di daerah hutan yang memiliki hujan tropis panas dan sering menghabiskan kebanyakan waktu hidupnya di daerah sungai.

Ukuran Ular Titanoboa

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa ular anaconda lah yang masuk dalam kategori ular terbesar, karena memiliki panjang sepanjang 15 kaki atau 4,5 meter dan pastinya membayangkan nya saja sudah menyeramkan. Namun bayangan menyeramkan kamu kurang dari pada itu, nyatanya ular Titanoboa lah yang menjadi ular terbesar di sepanjang masa.

Memiliki ukuran panjang sepanjang 42 kaki atau setara dengan 13 meter kurang, dan memiliki lebar seukuran 3 kaki atau kurang sedikit dari 1 meter. Tak hanya itu, ular ini memiliki berat mencapai 2.500 pon atau lebih dari satu ton. Jelas tentunya dengan membayangkannya saja begitu sangat menyeramkan, yang mungkin ukurannya setengah dari ukuran megalodon.

Dan mengapa ular ini tumbuh sebesar itu? Para ilmuwan percaya bahwa hewan yang satu ini mencapai ukuran yang sangat besar karena tempat tinggalnya jauh lebih hangat daripada sekarang. Suhu tubuh reptil seperti titanoboa bergantung pada suhu lingkungan mereka, dan tubuh mereka hanya bisa menjadi sangat besar sebelum metabolisme mereka melambat ke titik di mana mereka pada dasarnya tidak dapat berfungsi. Seekor ular yang hidup di iklim hangat, dapat tumbuh besar karena suhu yang lebih tinggi mendukung masanya yang lebih besar. Inilah alasan mengapa ular terbesar di dunia hidup di sekitar Khatulistiwa.

Makanan Ular Titanoboa

Mungkin sedikit penasaran juga, lantas apa saja makanan yang di makan oleh hewan yang satu ini? Jangan heran Titanoboa ini bisa memakan apa saja yang diinginkannya, tetapi para ilmuwan percaya bahwa hewan ini kebanyakan memakan ikan. Tak hanya itu kemungkinan ikan yang dimakan pun bukan ikan yang kecil kecil, akan tetapi ikan yang bertulang yang memiliki ukuran besar. Dan bahkan saat hewan yang satu ini tidak memakan ikan, maka hewan besar yang satu ini akan memakan reptil lainnya seperti burung dan bahkan buaya sekalipun itu.

Kepunahan Ular Titanoboa

Jelas ini sangat di khawatirkan bagi kehidupan manusia, dan apabila masih hidup mungkin manusia akan menjadi salah satu mangsanya tentu ini sangat menyeramkan bukan?

Akan tetapi kehidupan ular Titanoboa ini hidup sekitar 58 dan 60 juta tahun lalu, dalam artian hewan ini sudah punah sejak lama. Dan tak hanya itu kepunahan ular ini melebihi punah nya ikan raksasa terbesar yakni Megalodon yang punah sejak 17 juta tahun lalu.

Akan tetapi fakta bahwa ular ini merupakan jenis ular terbesar di dunia karena penemuan fosil-fosilnya, dapat di perkirakan bahwa Titanoboa memiliki kulit kecoklatan atau keabu-abuan, yang menyamarkan, dan setidaknya berada di sungai berlumpur di hutan hujan tropis tempat ia berkembang. Seberapa cepat ia bergerak di darat dan apakah ia bisa memanjat pohon itu tidak masih bisa diperdebatkan.

Meskipun para ilmuwan hanya menemukan beberapa bagian tulang punggung ular dan potongan tengkoraknya, itu sudah cukup untuk membuat mereka menghitung ukuran besarnya hewan ini dan menemukan bahwa itu adalah ular. Arkeolog bahkan dapat mengatakan bahwa itu terkait dengan ular anaconda kini dan menempatkannya dalam keluarga Titanoboa yang masih ada.

Itulah beberapa fakta mengenai ular Titanoboa yang termasuk ke dalam hewan terbesar yang ada di Dunia, akan tetapi hewan ini sudah berada dalam kepunahan yang cukup lama. Menyeramkan bukan jika masih ada hidup di bumi jaman sekarang ini. Bagaimana pendapatmu mengenai Ular Titanoboa ini?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru