Mengerikan! 7 Deretan Kecelakaan Kereta Api Terparah di Dunia

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Deretan kecelakaan kereta terparah sepanjang sejarah di penjuru Dunia. Dimana akibat insiden ini menewaskan ratusan orang meninggal.

INDIFFS.COM – Kecelakaan kereta api kerap terjadi di Indonesia beberapa tahun yang lalu, bahkan ini menjadi kecelakaan terparah di sepanjang masa. Tak hanya itu, kecelakaan terparah ini disebut juga sebagai Peristiwa Luar biasa Hebat (PLH) yang merupakan sejarah tak terlupakan dalam perkeretaapian di Indonesia.

Namun, tak hanya terjadi di Negara Indonesia, insiden kecelakaan kereta ini juga kerap terjadi di berbagai penjuru Dunia. Bahkan, sejarah menyebutkan kecelakaan ini menjadi sebuah insiden ter-dahsyat yang mengerikan dimana membuat ratusan nyawa korban melayang.

Tentunya, kecelakaan ini menjadi momen yang sangat menyeramkan. Karena terdapat banyak penumpang di dalamnya yang terjebak di setiap gerbongnya. Adapun yang menjadi penyebab insiden kecelakaan kereta api ini karena berbagai macam faktor. Mulai dari kesalahan teknis hingga human error. Diluar dari faktor tersebut kecelakaan ini juga terjadi karena takdir tuhan.

Kecelakaan Api Terparah di Dunia

Berikut deretan insiden kecelakaan kereta api yang paling mengerikan di Dunia, beserta penyebab dan jumlah korbannya.

1. Kecelakaan di Perancis, 1917

Insiden kecelakaan yang paling mengerikan Dunia terjadi di Negara Perancis. Dimana kecelakaan kereta api ini, menyebabkan kematian lebih dari 700 orang dan masih tetap menjadi bencana kereta api terbesar dalam sejarah Perancis.

Insiden itu terjadi pada Desember 1917, ketika kereta sepanjang 350 meter yang bermuatan berat tergelincir setelah mengalami kerusakan rem, tepat sebelum tiba di Saint-Michel-de-Maurienne. Kereta tersebut terbakar saat turun ke lembah setelah berangkat dari stasiun Modane. Kereta dengan berat 526 ton dan 19 gerbong itu berjalan dengan kecepatan tinggi pada saat kecelakaan terjadi.

2. Kecelakaan di Rumania, 1917

Insiden kecelakaan kereta api terparah selanjutnya ialah terjadi di Rumania. Dimana di stasiun Ciurea di Rumania menyebabkan korban jiwa lebih dari 600 orang, pada Januari 1917. Ini terjadi akibat kerusakan rem, yang pada akhirnya menyebabkan kereta tergelincir dan mengalami kebakaran.

Dengan 26 gerbong, kereta api tersebut membawa sekitar 1.000 orang dari Lasi ke Barlad pada saat kejadian. Para korban kecelakaan kereta api itu di antaranya, sejumlah tentara dan pengungsi yang melarikan diri dari serangan Jerman.

3. Kecelakaan di Meksiko, 1915

Insiden kecelakaan yang paling mengerikan selanjutnya  terjadi di Negara Meksiko. Dimana kereta Guadalajara di Meksiko menyebabkan kematian lebih dari 600 orang. Insiden itu terjadi pada Januari 1915. Ini terjadi akibat rem putus saat kereta sedang berjalan di turunan yang curam.

Kemudian kereta tergelincir dari rel dan jatuh ke ngarai dekat Guadalajara, yang dimana insiden ini menyebabkan kematian banyak orang dengan terlempar dari kereta karena menikung dengan kecepatan tinggi.

Sekitar 300 orang selamat dari kecelakaan tersebut. Hingga pada akhirnya kereta tersebut membawa penumpang dari Colima ke Guadalajara di pantai Pasifik saat kecelakaan terjadi. Kereta dengan 20 gerbong itu khusus diperuntukkan bagi keluarga pasukan Venustiano Carranza di tengah Revolusi Meksiko.

4. Kecelakaan di Sri Lanka, 2004

Insiden Kecelakaan kereta api, Queen of The Sea, ini disebabkan oleh tsunami di Samudra Hindia yang melanda pada Desember 2004. Kecelakaan ini disebut sebagai bencana kereta api terburuk dalam sejarah perkeretaapian, karena menyebabkan lebih dari 1.700 orang meninggal dunia.

Kereta api yang kelebihan muatan itu sebelumnya tiba-tiba mengalami banjir di jalur pesisir barat daya Sri Lanka, di Peraliya dekat Telwatta. Posisi kereta saat itu telah mendekati tujuannya ke kota selatan Galle dalam perjalanan dari Kolombo.

Namun sesaat kemudian, kereta api dengan 8 gerbong penumpang itu tersapu gelombang, hingga akhirnya tenggelam dan hancur.

5. Kecelakaan di India, 1981

Penyebab terjadinya insiden kecelakaan ini karena kerusakan pada rem dan terjadi bencana. Dimana kecelakaan  di Bihar, India ini yang menewaskan 800 orang pada Juni 1981. Ini terjadi ketika kereta penumpang melintasi jembatan di atas sungai Bagmati dekat kota Mansi, tiba-tiba badai topan datang.

Hingga pada akhirnya kereta tergelincir dari rel dan terjun ke sungai yang menyebabkan kematian ratusan orang. Kereta tersebut membawa sekitar 1.000 penumpang dalam sembilan gerbong antara Mansi dan Saharsa pada saat kecelakaan terjadi.

6. Kecelakaan di Indonesia, 1944

Insiden kecelakaan ini tepatnya terjadi di Sumatera Barat pada 25 Desember 1944. Dimana kecelakaan ini terjadi karena kereta api yang melalui jalur ini gagal dalam pengeremannya, sehingga terjadi kecelakaan yang mengerikan. Akibat kecelakaan ini mengakibatkan 200 orang tewas dan 250 orang lainnya luka-luka. Diketahui sebagian jenazah ditemukan tak utuh, dan jalur Lembah Anai memang terkenal terjal dan rawan kecelakaan.

7. Kecelakaan di Rusia, 1989

Insiden kecelakaan kereta api ini terjadi pada Juni 1989 di dekat kota Ufa di Uni Soviet, yang mengakibatkan korban tewas sebanyak 575 orang. Bencana tersebut terjadi karena awan yang sangat mudah terbakar yang diciptakan oleh tumpahan gas cair dari pipa yang meledak di dekat jalur kereta api, di mana dua kereta penumpang saling melintas antara Ufa dan Asha.

Hingga pada akhirnya kereta tersebut membawa total sekitar 1.300 penumpang pada rute Adler-Novosibirsk pada saat kecelakaan kereta api terjadi. Kekuatan ledakan besar, yang diperkirakan setara 10 kiloton TNT, membakar 7 gerbong sepenuhnya, dan menghancurkan 37 gerbong kereta dan dua lokomotif. Insiden ini tetap menjadi bencana kereta api paling mematikan dalam sejarah Rusia dan Soviet.

Itulah beberapa insiden kecelakaan kereta api terparah yang terjadi di berbagai penjuru Dunia yang menewaskan ratusan korban meninggal. Beberapa insiden tersebut menjadi peristiwa tercatat dalam sejarah yang paling mengerikan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru